≡ Menu
hilmiaRIFIN

Setiap Hari Dalam Hidupmu adalah Istimewa

in Reflection

Dari salah satu milis yang saya ikuti, saya memperoleh banyak sekali pencerahan dari mereka yang mau berbagi dan saling mengingatkan dalam kebaikan. So, tidak ada salahnya saya pun berbagi dengan para pembaca blog ini. Jangan pernah ragu untuk bergabung dengan banyak milis untuk terus berbagi dan belajar.

Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan terhadap sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok pagi… (QS. Al Kahfi: 23)

Sahabatku membuka laci tempat istrinya menyimpan pakaian dalam dan membuka bungkusan berbahan sutra “Ini, …”, dia berkata, “Bukan bungkusan yang asing lagi”. Dia membuka kotak itu dan memandang pakaian dalam sutra serta kotaknya. “Istriku mendapatkan ini ketika pertama kali kami pergi ke New York, 8 atau 9 tahun yang lalu. Dia tidak pernah mengeluarkan bungkusan ini. Dia bilang, hanya akan digunakan untuk kesempatan yang istimewa.

Dia melangkah dekat tempat tidur dan meletakkan bungkusan hadiah didekat pakaian yang dia pakai ketika pergi ke pemakaman. Istrinya baru saja meninggal. Dia menoleh padaku dan berkata: “JANGAN PERNAH MENYIMPAN SESUATU UNTUK KESEMPATAN ISTIMEWA, SETIAP HARI DALAM HIDUPMU ADALAH KESEMPATAN YANG ISTIMEWA!”

Aku masih berpikir bahwa kata-kata itu akhirnya mengubah hidupku. Sekarang aku tidak berlama-lama menyimpan sesuatu. Aku menggunakan gelas-gelas kristal setiap hari. Aku akan mengenakan pakaian baru untuk pergi ke supermarket, jika aku menyukainya. Aku tidak menyimpan parfum spesialku untuk kesempatan istimewa, aku menggunakannya kemanapun aku menginginkannya.

Kata-kata “Suatu hari…” dan Satu saat nanti…” sudah lenyap dari kamusku. Jika dengan melihat, mendengar dan melakukan sesuatu ternyata bisa menjadi berharga, aku ingin melihat, mendengar atau melakukannya sekarang.

Aku akan menyesalinya, karena aku tidak akan lebih lama lagi melihat teman-teman yang akan aku temui, juga surat-surat yang ingin aku tulis Suatu hari nanti. Aku akan menyesal dan merasa sedih kalau aku tidak sempat mengatakan betapa aku mencintai orangtuaku, saudara-saudaraku dan teman-temanku.

Sekarang, aku mencoba untuk tidak menunda atau menyimpan apapun yang bisa membuatku tertawa dan bisa membuatku menikmati hidup. Dan, setiap pagi, aku berkata kepada diriku sendiri bahwa hari ini akan menjadi hari istimewa. Setiap hari, setiap jam, setiap menit, adalah istimewa.

…ingatlah bahwa “Suatu saat” itu sangat jauh… Dan mungkin tidak akan pernah datang …

… dan bersegera pada (mengerjakan) kebajikan. Mereka itu termasuk orang-orang yang saleh (QS. Ali Imran: 114)

1 comment… add one

Leave a Comment