≡ Menu
hilmiaRIFIN

Perencanaan Keuangan dan Investasi Akherat

in Investment

Perayaan menyambut Tahun Baru 2008 yang begitu meriah belum hilang dari ingatan, kaum muslimin di seluruh dunia kembali menyambut datangnya tahun baru, yaitu Tahun Baru Hijriyah 1429. Momentum dua tahun baru seakan mengingatkan setiap muslim untuk senantiasa rajin mengevaluasi diri dan meningkatkan kualitas hidupnya dalam rangka mencapai kebahagiaan hidup yang seimbang, di dunia dan akherat. Setiap orang pasti setuju bahwa kualitas hidup yang lebih baik dan seimbang dapat dicapai dengan kondisi keuangan yang sehat. Kondisi keuangan yang sehat dapat dicapai dengan perencanaan keuangan yang solid dan disiplin dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, dalam menyusun sebuah perencanaan keuangan perlu memperhatikan proporsi yang seimbang antara kehidupan duniawi dan ukhrowi.

Salah satu komponen dalam perencanaan keuangan adalah menyusun anggaran bulanan yang terdiri dari pendapatan dan pengeluaran. Bagi mereka yang sudah berkeluarga, pendapatan bisa berasal dari satu atau dua sumber. Sedangkan pos pengeluaran terdiri dari pengeluaran rutin dan non rutin.

Dalam manajemen keuangan keluarga, hal pertama yang dilakukan adalah merinci semua sumber pendapatan, seperti gaji, bagi hasil deposito, dan hasil sewa. Langkah kedua, menyusun daftar pengeluaran. Dalam menyusun pos-pos pengeluaran harus benar-benar memperhatikan skala prioritas berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Kebutuhan tersebut bisa jangka pendek, menengah maupun panjang. Selain kebutuhan, penentuan jenis pengeluaran juga harus memperhatikan aspek keseimbangan antara kehidupan dunia dan akherat.

Selngkapnya baca di sini.

4 comments… add one
  • memang pengaturan cash flow kita kadangkala bermain akrobat thanks atas ceritanya dan tips nya
    .-= agung supomo suleiman´s last blog ..Law Does Not Work On Empty Space =-.

  • Wah dapet ilmu bermanfaat
    Jazakallah

    • Alhamdulillah kalo tulisan ini memberikan manfaat bagi yang membacanya. Semoga kita senantiasa berusaha untuk menjadi lebih baik dalam segala hal.

  • kunjungan balsan :

    Salah satu komponen dalam perencanaan keuangan adalah menyusun anggaran bulanan yang terdiri dari pendapatan dan pengeluaran

    itu juga yang lagi saya benahin di tahun 2008 ini

Leave a Comment