≡ Menu
hilmiaRIFIN

Never Ending Blogging

in Blogging

Dunia blog di Indonesia dan Malaysia baru-baru ini diramaikan oleh polemik tentang tulisan di sebuah blog. Sang pembuat tulisan, Nila Tanzil, mendadak menjadi terkenal di kalangan blogger. Begitu hebohnya kontroversi tersebut hingga Metro TV menjadikannya topik dalam acara e-lifestyle yang tayang saban Minggu siang.

Pertumbuhan blog memang luar biasa. Technorati, sebuah mesin pencari blog paling populer saat ini, mensinyalir ada 75.000 blog baru saban harinya. Dengan hitungan lain berarti ada sekitar sebuah blog baru yang dibuat setiap detiknya. Sekarang ini Technorati mencatat lebih dari 57 juta blog yang ada di dunia maya. Di awal tahun 2004, jumlah blog yang ada baru sekitar 2 juta blog.

Dunia maya sedang booming dengan kehadiran blog. Disadari atau tidak blog telah menjadi sebuah media alternatif. Banyak orang membuat blog untuk menuliskan gagasan baru yang dimilikinya. Manusia di seluruh dunia dapat mengaksesnya, karena blog berada dan berkembang di dunia maya yang tanpa batas. Bandingkan dengan sebuah media cetak yang hanya akan dibaca oleh maksimal seluruh penduduk sebuah negara. Karenanya kehadiran blog tidak bisa dianggap remeh.

Bagi sebagian kalangan, blog hanyalah sebuah tren sesaat. Bahkan ada yang menilai negatif keberadaan blog. Kelompok ini tak segan berkampanye bahwa blog tidaklah bermanfaat sama sekali dan cenderung negatif. Secara ekstrim mereka mengajak masyarakat untuk tidak percaya terhadap tulisan yang dimuat dalam sebuah blog. Namun, blogger memiliki dunia sendiri. Mereka bertemu dan berteman di dunia maya. Jalinan pertemanan mereka bahkan sampai ke seluruh penjuru dunia. Bayangkan potensi tersembunyi yang dimiliki blog. Memandang sebelah mata keberadaannya justru merugikan. Apapun kata orang prinsip mereka satu, yaitu never ending bloggingBayaran TheAdNetwork. Mereka yakin bahwa masa depan internetBayaran TheAdNetwork berada pada blog.

1 comment… add one

  • kehadiran blog tidak bisa dianggap remeh.

    setuju banget.. :D

Leave a Comment