≑ Menu
hilmiaRIFIN

Menjadi Investor Reksadana

in Investment

Berawal dari kebiasaan membaca mingguan bisnis dan investasi Kontan serta edisi khususnya yang terbit saban bulan. Kala itu Kontan edisi khusus bulan Juli 2007 membahas tentang reksadana (RD). Setelah membacanya, saya googling mencari informasi tentang reksadana dan ketemu portal ini. Saya pun mengajukan pertanyaan berkaitan dengan agen penjual reksadana di Yogyakarta dan mendapat respon yang begitu hangat dari forum. Dari situ saya mendapat info bahwa beberapa bank di Yogyakarta bisa melayani pembelian RD dari beragam Manajer Investasi (MI). Saat itu juga saya mencoba menghubungi via telpon. Bank Niaga melayani pembelian RD dengan nilai minimal sebesar 100 juta rupiah. BNI hanya menawarkan produk RD yang dikelola BNI Sekuritas. Sedangkan tawaran menarik datang dari Bank Mandiri yang menjual RD dari 8 MI dengan nilai pembelian minimal hanya 1 juta rupiah.

Namun demikian saya urung membeli RD di Bank Mandiri, karena email saya ke Danareksa yang menanyakan prosedur pembelian RD mendapatkan balasan. Dalam email dijelaskan prosedur pembelian RD dan persyaratannya. Menariknya lagi pembelian dapat dilakukan jarak jauh dan minimal pembelian senilai 1 juta rupiah.

Pertengahan bulan November 2007 saya memutuskan untuk membeli RD produk Danareksa, yaitu RD Syariah Berimbang yang merupakan RD campuran dan RD Danareksa Indeks Syariah (DINAR) berupa RD saham. Prosesnya memang sangat mudah. Hari Rabu saya transfer dana melalui Bank Muamalat, hari Kamis saya email persyaratannya beserta bukti transfer. Hari Jumat saya telah mendapat konfirmasi dari Danareksa bahwa proses pembelian telah berhasil, sedangkan surat konfirmasi pembelian akan dikirim paling lambat 10 hari oleh Bank Kustodian.

Bulan Desember 2007 saya kembali melakukan pembelian RD, tapi kali ini pilihan jatuh pada produk dari PNMIM. Prosesnya sama dengan yang sebelumnya. Pilihan produk jatuh pada PNM Ekuitas Syariah yang merupakan RD saham dan baru diluncurkan pada bulan Agustus 2007 dengan minimal pembelian senilai 500 ribu rupiah.

Sekarang tinggal memantau perkembangan nilai investasinya dan melakukan penambahan investasi secara rutin. Kalau Anda tertarik belajar investasi di reksadana silakan berkunjung ke sini. Saya biasa mengecek perkembangan NAB RD di sini atau langsung ke website MI-nya.

Selamat berinvestasi dan be a smart investor πŸ™‚

60 comments… add one
  • suwaryadi

    saya menanyakan, untuk saat ini kalau di jogja untuk beli reksadana ada di bank mana atau di manajer investasi dimana?

  • FATUL

    saya ingin berinvestasi pada reksadana saham yang dijual via bank mega, mohon saya dikirimi prospektus reksadana saham yang dijual via bank mega,FATUL dengan alamat DEMPOK BIYEM RT 01 RW 08 KARANGANAYAR GUMUKMAS JEMBER

  • Trijasa

    Saya akan coba invest ke Reksadana Saham. Saya orang awam dalam hal Reksadana. Kepada siapa saya meminta pertolongan?

    • Bapak bisa hubungi saya untuk info lebih lanjut di 08812476132 (joseph) terima kasih

  • cheally m anwar

    mau tanya apa ada manager nya reksa dana yg bisa hub saya ?
    saya pingin tau lebih jauh lagi mengenai dana reksa
    thanks

    • selamat siang pak cheally m anwar saya bisa bantu untuk pengenalan reksa dana bapak bisa lihat di website saya http://www.woodflooringjoseph.co.cc, terima kasih dan mohon mengisi di menu contact agar saya bisa record data .terima kasih

  • ass.wr.wb
    nama saya pujo mas,
    saya mau tanya nih mas,
    kira kira itu reksadana yang mas beli asumsi nya gimana yah ?
    untuk investasi jangka panjang atau jangka pendek ?
    bagaimana perbandingannya secara umum jika dengan investasi emas ?
    terima kasih

  • ahmad

    as al wr wb, salam kenal dari saya ahmad, pak arifin saya ingin nanya nih, berinvestasi lewat RD caranya gimana ? soalnya saya orang awam tapi kepingin juga maju seperti orang lain yang sudah sukses, saya tertarik berbisnis investasi yang bapak perkenalkan secara online. Trim’s

    • Selamat sore pak ahmad saya bisa bantu dengan cara invest di axo capital futures , dana bisa diambil sewaktu waktu jam kerja,dan hanya dikerjakan pada saat even ekonomi yang baik , jika tidak digunakan mendapat bonus bunga 1% per bulan untuk Bapak untuk info lebih jelas no telp 08812476132

  • ayu

    Halo

    Saya di Bali, mau tanya ni apa bisa ikutan investasi di rekasdana , dan bagaimana caranya?
    Berapa modal mininum yang dibutuhkan.
    Saya sempat baca ada modal minimum 200ribu, apa itu sekali bayar atau bayar 200 ribu secara bertahap

    Mohon infonya
    Terima Kasih

    • selamat sore ibu, untuk info jelasnya hubungi saya 08812476132

  • firdausy efedi

    q masii umur 20 mas,,belom berkeluarga pula..apa bisa saya memulainya dulu…

  • morin

    Salam kenal Pak Hilmi
    Pak ikutan gabung forumnya ya…Saya juga sedang belajar invest di Reksadana. Pak tanya, apakah reksadana tetap menarik di saat ini yang boleh dibilang harga saham2 sedang turun? Pak caranya invest di PNM apakah bisa secara online? Ataukah harus kontak customer servicenya? Terima kasih sebelumnya

    • reksadana akan tetap menarik meski harga-harga saham sedang turun, justru hal itu akan menguntungkan dalam jangka panjang. setahu saya untuk PNM belum bisa jual beli reksadana secara online.

  • Sutarno

    Mas Hilmi, saya sudah membeli reksadana saham mitra sekitar 6 ribuan unit, kemudian saya mau invest lagi reksadana online..gimana caranya..saya bingung mencari menu registrasi gak ada pada http://www.reksadanaonline.com.

    Tolong mas biar ilmu mas hilmi nular ke saya.

  • lily

    Hi teman2 , saat ini saya sedang menulis skripsi dan butuh data-data wawancara dgn investor Reksa Dana…. Saya butuh banget teman2 yg menjadi investor Reksa Dana khususnya yang membeli Reksa Dana melalui Bank Agen Penjual buat ngisi beberapa pertanyaan saya ini…
    Jawabannya kirim ke email saya ya di lily_100787@yahoo.co.id
    Terima kasih banyak ya atas perhatian dan bantuannya. (^ _ ^) (^ _ ^) (^ _ ^)

    Nama lengkap:
    Pekerjaan:
    Domisili:

    1. Sudah brp lama anda menjadi Investor RD?
    2. Apa tujuan anda memilih berinvestasi melalui RD?
    3. Bank mana anda membeli Efek RD?
    4. Bagaimana tempat anda membeli RD memberikan informasi mengenai Efek RD yang ditawarkan? (melalui Prospektus, Brosur, Lisan, dan lain-lain)
    5. Apkh tempat anda membeli RD memberikan informasi bahwa RD merupakan produk pasar modal dan Bank tidak bertanggung jawab atas segala tuntutan dan risiko atas pengelolaan portofolio RD?
    6. Apkh tempat anda membeli RD memberikan informasi bahwa investasi pada RD tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan Pemerintah atau penjaminan simpanan?
    7. Apkh tempat anda membeli RD memberikan informasi mengenai Manajer Investasi yang mengelola RD?
    8. Apkh agen penjualan tempat anda membeli RD memberikan informasi mengenai Bank Kustodian?
    9. Apkh tempat anda membeli RD memberikan informasi bahwa tanda bukti kepemilikan atas Efek RD yang sah adalah konfirmasi dari Bank Kustodian?
    10. Apkh tempat anda membeli RD memberikan informasi mengenai jenis RD yang ditawarkan?
    11. Apkh tempat anda membeli RD memberikan informasi mengenai risiko-risiko yang melekat pada produk RD?
    12. Apkh tempat anda membeli RD memberikan informasi mengenai Jenis-jenis instrumen investasi serta Alokasi aset Efek RD yang ditawarkan?
    13. Apkh tempat anda membeli RD memberikan informasi mengenai biaya-biaya yang timbul berkaitan dengan investasi pada RD?
    14. Apkh sebelum anda mengambil keputusan investasi, tempat anda membeli RD memastikan anda membaca Prospektus atau informasi penting lainnya?
    15. Apkh tempat anda membeli RD mensyaratkan anda untuk mengisi formulir profil calon pemegang Efek RD yang berisikan data dan informasi mengenai profil risiko anda sebelum melakukan pembelian Efek RD yang pertama kali?
    16. Apkh ketika akan membeli Efek RD anda diberikan tips dalam berinvestasi? Jika iya, tips apa saja yang diberikan?

  • s’lam knal nich mas
    pingin tau RD dari nol, trus tmpat membeli?, klo punya uang 1jt bs g beli RD

  • Fahmi

    Ass,bung hilmi saya mau tanya ya kalau saya punya RD SHM tapi belum cukup setahun ada yg bilang belum boleh diredemption ( dijual kembali ) kalau mau dijual kembali dikenain fenalty,berapa besaran fenaltynya apa dihitung seperti hitung capital gian ( NAB Jual – NAB beli)xUP,atau ada yang lainnya

  • valea

    salam kenal mas hilmi/pak hilmi

    sy interest bnget ma reksadana, but jujur aja sy blank banget soal ntuh (gagap pasarmodal). mohon bantuannya gmna cara y ikut andil di produk PNM EKUITAS SYARIAH, cara daftar, transfer, konfirmasi, etc..gmn y? mohon bantuannya. terimakasih banyak sebelumnya

  • nana

    Mas, saya udah beli RD MITRA-syariah dan Mandiri investa syariah berimbang, tapi kenapa NAB nya koq turun terus??? Atau diabaikan aza…karena planningnya ikut jangka panjang.

    • investasi di reksadana memang sebaiknya jangka panjang, apalagi kalo pasar lagi seperti sekarang ini

  • yahya

    Mas Hilmi, saya boleh minta email staff telesales nya PNM?
    Beberapa waktu lalu saya mengirim email ke reksadana@pnmim.com namun tidak ada tanggapan sampai sekarang. Mungkin jika ke email personal lebih cepat di respon.
    Terimakasih

  • danang

    mas hilmi yang terhormat, apakah reksadana juga memberikan keuntungan bulanan seperti bunga deposito atau tahunan seperti deviden saham?atau kita mendapatkan keuntungan dari penjualan ketika nilai reksadana naik?matur nuwun.

    • keuntungan reksadana akan lebih optimal dari penjualan ketika nilai reksadana naik, karena itu investasi RD akan lebih baik kalau dilakukan dalam jangka panjang, minimal 3 tahun.

  • nana

    Saya kepingin buka reksadana Fortis equitas, gimana caranya? Saya udah search di internet, dan bank yang menjual salah satunya bank lippo…saya belum ke bank lippo, seandainya saya beli lewat internet gimana caranya?

    Lebih bagus mana prospeknya RD fortis equitas dengan RD Mandiri investa atraktif-syariah?
    Minta penjelasannya lewat email (japri).

  • sheny

    salam mas hilmi.. saya sangat tertarik dgn reksadana..
    bisa minta tlg di emailkan, RD apa yg harus saya beli karena saya tidak mengerti berapa nilai minimal uang untuk bisa membeli RD dan bagaimana cara memulainya..
    trims

  • yus

    seandainya saya punya dana 10 jt dan akan berinvestasi di danareksa,bagaimana sebaiknya. mohon saran. thank’s before.
    ps. jawaban bisa reply ke e-mail saya (japri)

  • Nugroho

    Selamat siang. Sukses buat mas Helmi dan rekan2 di sini. Mas, saya ingin mengatakan I WANT TO BE A SMART INVESTOR, please tell me the way I should to go. Ceritanya begini mas, saya punya dana nganggur untuk diinvestasikan ke bentuk selain deposito atau properties. dana itu bisa saya investasikan selama 5 – 10 tahun. Terima kasih atas infornya.

  • ierte

    Bung Rifin,
    Saya berniat investasi di reksadana, tapi ada yang menyarankan sebaiknya hindari reksadana karena bursa sedang tidak bersahabat sekarang. Asumsi saya, investasi pada saat NAB sedang turun seperti sekarang UP yang diperoleh tentunya lebih banyak. Dus, pada saat bursa naik tentu nilai investasi kita lebih baik. Apa betul asumsi seperti itu? Plus, dengan kondisi dunia seperti sekarang (minyak dunia, emas dan komoditas naik terus) masih sehat berinvestasi di reksadana?

  • ernesto

    Mas Hilmi, saya mo tanyakan juga mengenai setoran per bulannya. misalnya saya buka rekening di RD mandiri yang minimalnya hanya 1 jt rp, di blog di atas dikatakan biaya yang dikenakan pertama 1 jt dan selanjutnya dikenakan 500 rb.

    pertnyaan: apakah diwajibkan investor invest tiap bulannya yang 500 rb itu?? atau bisa 3 bulan /6bulan sekali/ bahkan tidak menambah invest lagi (hanya modal 1 juta saja sampai akhir masa jatuh temponya). trima kasih mas Hilmi atas kesediaannya membaca blog saya.

    • Investasi di reksadana sebaiknya teratur, baik jumlah maupun waktunya, disesuaikan dengan tujuan investasi itu sendiri. Besarnya investasi pertama di reksadana biasanya memang Rp 1 juta meskipun yang kurang dari Rp 500 ribu juga ada. Investasi berikutnya bisa bulanan, 3 bulanan atau 6 bulanan dengan besaran investasi minimal sesuai dengan kebijakan MI. Di reksadana tidak mengenal masa jatuh tempo, kapanpun kita bisa mencairkan dana yang ada.

      Semoga membantu dan selamat berinvestasi πŸ™‚

  • inggit

    salam mas hilmi.. saya sangat tertarik dgn reksadana..bisa minta tlg di emailkan RD apa yg harus saya beli karena saya tidak mengerti berapa nilai minimal uang untuk bisa membeli RD..trims

  • Hesi sly

    Mas Hilmi,

    bisa kasi ilustrasi nggak contoh perhitungan RD kalo dibiarkan mengendap 5 tahun.

    Biasanya kan kalo sdh setahun biasanya langsung di tarik, biasanya stahun ada yg sampai 32%..

    Thx pencerahannya.

  • Achmad Maghfur

    Salam kenal,
    Saya mau iku gabungan ni
    saya salah seorang yang bermimpi untuk berinvestasi lewat reksadana. Tolong dong dijelaskan apa saja syarat reksadana dan seluk beluk berinvestasi lewat reksadana. Sementara itu saja yang mau saya tanyakan. Klo dah ada jawaban tolong dikirim aja lewat e-mail saya.

  • beta

    mas hilmi, nyuwun perso…
    apa ada produk unitlink dari PNM yang base syariah? ato PNM hanya meluncurkan RD/RDS?
    saya baru tau punya takaful. mohon infonya
    matur nuwun…

    • PNM tidak mengeluarkan produk unitlink. Unitlink merupakan produk keluaran perusahaan asuransi. Sekarang sudah banyak produk unitlink berbasis syariah. Saya sendiri membeli produk unitlink berbasis syariah dari Prudential.

  • julfefri

    wah…makasih banget nih…saya jadi melek investasi setelah baca posting ini. apalagi penjelasan dari mbak patricia, jelas banget. Padahal kemaren saya udah coba ke bank permata tapi kaya’nya sales-nya kurang menguasai info ttg reksadana. tapi setelah baca postingan ini info yang saya dapet dari Permata Bank jadi semakin “nyambung”. By the way gimana pendapat mas hilmi tentang Fortis Equitas?

    • semua RD berbasis saham akan mampu memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibanding jenis RD yang lain maupun deposito; akan lebih optimal jika digunakan sebagai investasi jangka panjang, minimal 5 tahun.

  • mau lihat2 dulu..cari info sebanyak mungkin,,,,baru ikutan inves

  • arman

    Cuman mau sharing, beli reksadana juga bisa lewat Bank Commonwealth. Cukup buka tabungan dengan jumlah minimal di sana, lalu belanja reksadana. Pilihan RD-nya juga cukup banyak, mau yang saham, campuran, ato lain-lain.

    Uang tabungannya dibelanjain RD semua juga boleh. Ada internet bankingnya, jadi bisa TOP UP online, gak perlu ke counter. Lumayan, gak perlu malu TOP UP kecil-kecilan untuk investor kelas teri seperti saya. He..he..

  • abbas

    pa saya mau tanya pertanyaan saya ini g macem macem.
    kalau saya invest di danareksa 100.000.000.-berapa hasil keuntungan yang saya peroleh dari danareksa,dan apakah invest danareksa ini hasilnya sudah dinyatan halal oleh MUI.
    terima kasih.

    • Investasi di RD didasarkan pada Nilai Aktiva Bersih (NAB) saat transaksi. Untung/rugi dihitung dengan membandingkan NAB saat kita menjual RD dengan NAB saat kita membeli RD dikalikan dengan Unit Penyertaan (UP) yang kita miliki.

      Untung/Rugi = (NAB jual – NAB beli) x UP

      Misal:
      Kita berinvestasi membeli RD A sebesar Rp 1 juta.
      NAB RD A saat pembelian = Rp 1.000,- sehingga jumlah UP = 1.000.000/1.000 = 1.000

      Satu tahun kemudian kita menjual RD A tersebut.
      NAB RD A saat penjualan = Rp 1.200,-
      Berarti RD memberikan hasil = (1.200 – 1.000) x 1.000 = Rp 200.000,-
      Dengan kata lain RD A memberikan hasil sebesar 20% setahun, sebelum dikurangi biaya penjualan.

      Jadi kita tidak bisa menghitung secara pasti berapa % keuntungan per tahun dari sebuah RD, meskipun kita bisa memperhatikan kinerja tahun sebelumnya HANYA sebagai acuan, bukan sebagai jaminan bahwa hasilnya pasti seperti itu.

      • trabowo

        mas ada yg saya mau tanyakan dari pengalaman2 yang mas ketahui Pernah ga nilai NAB RD menurun dibanding saat kita membeli

        • NAB memang biasa kalo naik turun, karena itu investasi di RD disarankan untuk jangka panjang minimal 5 tahun. Dalam jangka panjang, RD akan memberikan hasil yang lebih optimal.

    • Kalo mau yang halal, silakan beli Reksa Dana Syariah, karena pasti ada Dewan Pengawas Syariah-nya.

      Selamat berinvestasi πŸ™‚

  • Patricia

    Selamat Siang Bapak Hilmi dan rekan-rekan semuanya. Memenuhi undangan Bapak Hilmi agar saya memberikan respon dalam blog-nya Pak Hilmi.

    Sebelumnya perkenalkan nama saya Patricia, Telesales Officer PT. Danareksa Investment Management, anak perusahaan PT. Danareksa (Persero), satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang pasar modal. Saya ingin memberikan penjelasan kenapa membuka rekening di Sentra Investasi Danareksa (SID) minimum pembelian awal adalah Rp.25jt? Karena itu untuk pembukaan rekening DMIA (Danareksa Multi Investment Account) yang mana dengan hanya membuka satu rekening, investor dapat berinvestasi di Danareksa dengan berbagai macam produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan, seperti: Reksa Dana, Obligasi, Saham, dan Kontrak Berjangka (Indeks LQ-45). Berbeda dengan membuka rekening Reksa Dana pada PT. Danareksa Investment Management (DIM), investor dapat memulai dengan minimal Rp.1jt dan selanjutnya minimal Rp.500rb dan investasi selanjutnya dapat dilakukan kapan saja. Jika ada yang berminat dapat mengirimkan email ke : patriciap@danareksa.com.

    Memang untuk sekarang ini, Reksa Dana semakin banyak diminati oleh masyarakat, karena Reksa Dana merupakan produk alternatif untuk berinvestasi yang memberikan imbal hasil/return yang lebih besar dari tabungan maupun deposito. Investor hanya dibebankan biaya pembelian dan biaya penjualan. Sedangkan Management Fee merupakan beban dari produk Reksa Dana itu sendiri setiap tahunnya, bukan beban investor. Jadi ketika investor melakukan penjualan kembali/pencairan terhadap Reksa Dana Danareksanya tidak dipotong pajak dan biaya administrasi. Demikian saya sampaikan, jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon maaf sebelumnya. Untuk Pak Hilmi, terimakasih banyak atas undangan dan kepercayaan yang diberikan. Have a nice day…

    • Terima kasih mbak Patricia atas penjelasannya. Semoga banyak yang membeli RD dari Danareksa. Bagi temen-temen yang berminat membeli RD dari Danareksa silakan langsung kontak beliau melalui email.

      Semoga semakin banyak orang yang melek investasi.

  • Ardiff

    Mas Hilmi, saya baru aja tlp ke sentra investasi danareksa di depok untuk beli reksadana index syariah. Ternyata saya harus buka account 25jt dulu. Padahal di web-nya dijelaskan invest minimal 1jt. Menurut dia memang nanti kita boleh beli 1jt tapi account mengendapnya harus 25jt dulu. Sama aja boong dong ya…mending sekalian aja dibeliiin 25jt kalo begitu. Makanya saya mau nanya ke Mas Hilmi dan teman2 lain yang sudah beli danareksa index, apakah memang harus punya account 25jt atau cukup 1jt? Tolong info-nya ya krn saya sebenarnya sgt tertarik dgn RD ini

    • Pada saat akan membeli RD dari Danareksa saya tidak diminta buka account seperti itu, hanya ngisi beberapa blangko kemudian transfer sejumlah pembelian, terus dikirim via email. Account seperti itu kalo tidak salah hanya untuk pembelian saham (cmiiw). Coba bertanya lewat email ke danareksa ato langsung ke patriciap@danareksa.com sebagai telesales officer danareksa. Mbak Patricia ini juga yang menjadi kontak saya waktu membeli RD di Danareksa.

  • sugeng dalu mas,

    mas mo nanya kebetulan saya juga berada djogja, kebetulan juga saya lagi mendalami invest di reksa dana tetapi ketika saya mencari informasi reksadana apa saja yang ada dijogja (mksd saya yang mempunyai kantor cabang) saya hanya menemukan satu perusahaan sekuritas yaitu manulife. kl boleh minta petunjuk dmana ya saya mendapatkan informasi secara langsung tentang kebradaan reksadana danareksa dijogja. karena sebagai investor pemula saya masih harus bertanya banyak sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

    terimaksih mas untuk waktunya
    wss wb wr…

    • Saat ini danareksa belum membuka cabang resmi Sentra Investasi Danareksa (SID) di Yogyakarta. Komunikasi saya selama ini dengan danareksa hanya melalui email dan atau sms dengan bagian retail. Kalo bank sebagai agen penjual, ada bank mandiri dan bank permata.

  • anto

    salam kenal mas/ pak hilmi
    sy kebetulan dr doeloe bgt sudah tertarik sama dana reksa tp gak mulai2 and sekarang sy ada di yogyakarta dan kesulitan untuk mencari orang yang sudah terjun di bidang tersebut. terus terang sy agak gatek klo hanya baca prosedur lewat internet. sy lebih bisa nyambung dengan berbagai hal ketika bertemu dengan orang yang sudah berpengalaman. dapatkah sy mendapatkan no kontak anda, atau bisa bertatap muka dengan anda karena sepertinya anda ada diyogyakarta. thanks

    • Salam kenal juga mas/pak Anto πŸ™‚
      Saya memang tinggal di jogja, nomor kontak saya bisa dilihat pada bagian resume/contact. Trims.

  • Salam Mas Hilmi πŸ˜€

    boleh minta contoh prospektus ke dua produk reksadana itu mas??
    saya coba masuk ke situsnya, tapi contoh prospektus blom ada.
    Pengen sih kayak njenengan, tapi musti banyak blajar lagi nih …hehe…

    tolong ya….
    trimakasih

    • Saya telah mengirimkan melalui email contoh prospektus RD dari PNMIM, tapi bukan yang saya ikuti. Semoga tetap bermanfaat πŸ™‚ Selamat berinvestasi dan be smart investor.

  • Allea

    Salam kenal Mas/Pak Hilmi Arifin,

    Sy sendiri jg ketarik banget beli Danareksa Indeks Syariah ini. Tapi sy sistemnya bakal ky nabung gitu, sy akan taruh minimum nya (500rb) setiap bulannya.

    Kalau menurut agen di Sby, akan dikenakan fee sebesar 1% setiap kali sy nambah duit/beli unit-nya. Waduh…lha kalau sy hitung2 berarti langsung dipotong 5rb setiap kali sy tambah 500rb. Setaun jadi 60rb tuh cuma buat subscription fee.

    Apa anda jg dikenakan subscription fee untuk setiap kali nambah unit? Sebesar berapa persen? Soalnya katanya setiap agen berbeda2.

    Terima Kasih sebelumnya.

    • Salam kenal juga, Allea.

      Dalam investasi reksadana memang ada beberapa biaya yang menyertai, yaitu biaya pembelian, biaya penjualan dan biaya manajemen yang besarnya berbeda-beda ditentukan oleh manajer investasi. Kamu bisa mengetahui biaya-biaya tersebut langsung dari manajer investasi atau membaca prospektus reksadana yang bersangkutan.

      Sekarang ini banyak pihak, khususnya perbankan yang menjadi agen penjual reksadana. Biasanya para agen penjual berlomba-lomba menarik calon pembeli reksadana dengan menawarkan biaya pembelian yang rendah. Saya sendiri dalam melakukan transaksi produk reksadana cenderung langsung dengan manajer investasinya, meskipun jarak jauh.

      Karena adanya biaya-biaya yang dikenakan dalam setiap transaksi reksadana, maka sebaiknya investasi reksadana yang dilakukan bersifat jangka panjang. Pembelian reksadana saya di Danareksa juga dikenakan biaya, Syariah Berimbang sebesar 1% dan DINAR sebesar 2%. Sedangkan pembelian reksadana di PNMIM (Ekuitas Syariah) bebas biaya, karena sedang ada promosi sampai dengan Februari 2008.

Leave a Comment