≡ Menu
hilmiaRIFIN

Mengejar Akses Data Super Cepat dari Operator Seluler

in Internet

Banyak orang yang mengeluh saat akses internet langganannya sangat lambat. Namun, kehadiran teknologi 3,5G atau biasa disebut HSDPA (High Speed Downlink Packet Acces) diyakini bisa memberikan solusi permasalahan tersebut. Layanan data berbasis HSDPA jauh lebih baik dari teknologi 3G sekalipun.

Perkembangan teknologi akses data dari generasi ke generasi:

  • GPRS, kecepatan maksimal 115 Kbps
  • EDGE, kecepatan maksimal 236 Kbps
  • 3G/WCDMA, kecepatan maksimal 384 Kbps
  • 3,5G/HSDPA, kecepatan maksimal 3,6 Mbps

Selama ini penggunaan 3G masih belum sangat familiar seperti halnya SMS. Namun, operator seluler mulai beralih untuk mengembangkan jaringan 3,5G. Ya, 3,5G sangat berkaitan dengan akses data yang super cepat. Dan ini diyakini akan lebih diminati oleh pelanggan. Ini terbukti saat peluncuran pertama kali, ternyata pelanggan 3,5G lebih membludak daripada saat 3G diperkenalkan.

Operator seluler di Indonesia yang telah mengembangkan teknologi 3,5G dan sudah bisa dinikmati oleh masyarakat adalah XL, Indosat dan Telkomsel.

1 comment… add one
  • mahbub junaidi

    terimakasih atas informasinya,,,,,,mungkin dengan kecepatan akses sebesar itu user(pelanggan) akan merasa puas? apakah setiap operator mempunyai kecepatan akses yang berbeda,padahal teknology yang di gunakan sama….baik itu GPRS,EDGE,UMTS maupun HSDPA……

    Terimakasih sekiranya bila dapat di tanggapi permasalahan tadi…

    Regard:

    Mahbub Junaidi (MHS PENS-ITS)

Leave a Comment