≡ Menu
hilmiaRIFIN

Kramat Djati Mengecewakan

in Opini

Setiap akhir pekan saya selalu bolak-balik Jakarta-JogjaWhy Yogyakarta?. Biasanya saya menggunakan kereta api dari Jakarta hari Jumat malam dan dari Jogja hari Minggu malam. Pada masa liburan sekolah kemarin saya kehabisan tiket kereta api untuk pulang ke Jogja, tapi saya masih mendapatkan tiket kereta api ke Jakarta. Oleh karena saya tetap harus ke Jogja saya memilih menggunakan bis. Ternyata bis pun sama padatnya, sehingga saya pun agak kesulitan mendapatkan tiketnya. Akhirnya saya memperoleh tiket bis malam Kramat Djati kelas eksekutif seharga Rp.160.000,- tujuan Jogja melalui agennya di terminal Rawamangun untuk keberangkatan hari Kamis tanggal 3 Juli 2008. Pengalaman saya yang tidak menyenangkan berawal dari situ.

Pada hari H, setibanya saya di Rawamangun dan masuk ke dalam bis, saya kaget karena tempat duduk saya sudah ada yang menempati dan diapun memegang tiket yang sah. Saya langsung melaporkannya ke agen bis di sana dan ternyata nasib serupa dialami oleh 10 penumpang lainnya karena terjadi penjualan tiket ganda untuk tujuan Jogjakarta pada hari itu. Sangat disayangkan, perusahaan sekelas Kramat Djati bisa sangat teledor. Kalau hanya 1 tiket yang double masih bisa dimaklumi, tapi ini jumlahnya mencapai 11 tiket. Benar-benar sangat tidak masuk akal. Bukankah masing-masing agen juga sudah mendapatkan jatah kursi yang berhak mereka jual? Sehingga sangat kecil kemungkinan untuk terjadi penjualan ganda.

Solusi yang ditawarkan crew Kramat Djati di Rawamangun pada awalnya patut dihargai. Penumpang yang tidak terangkut bis, dinaikkan travel. Awalnya saya keberatan, namun karena penumpang lainnya setuju saya pun mengiyakan setelah mengetahui kendaraan yang digunakan adalah Isuzu ELF. Tiket bis diminta kembali oleh agen bis dan kami masih harus menambah biaya travel masing-masing Rp.10.000,- tanpa ada jatah makan malam. Ketika mobil akan pergi, salah satu crew Kramat Djati meminta maaf atas nama perusahaan berkaitan dengan kejadian hari itu.

Namun, kekecewaan kembali muncul ketika mobil yang kami tumpangi mampir ke kantor travel tersebut untuk membuatkan tiket travel. Setelah tiket travel diberikan, muncul kejadian yang tidak menyenangkan. Penumpang dibagi lagi ke mobil yang lain. Saya dan satu penumpang lainnya diminta pindah ke mobil lain yang masih belum datang. Sedangkan penumpang lainnya tetap di Isuzu ELF dan menjemput penumpang travel lainnya. Dan bagaimana cerita mereka saya pun tidak mengetahuinya.

Sekitar jam 19.00 mobil L300 yang dimaksud datang. Betapa terkejutnya saya, ternyata mobil masih belum ada penumpangnya. Ini berarti mobil baru akan menjemput para penumpangnya. Akhirnya saya pun mengetahui bahwa mobil tersebut milik travel lain. Dengan kata lain, saya dititipkan ke travel lain. Mobil ini akhirnya selesai menjemput penumpangnya dan meninggalkan Jakarta pukul 21.00 WIB.

Sungguh benar-benar mengecewakan. Pihak Kramat Djati tentunya tidak mau tahu nasib dan kejadian yang dialami penumpang yang dinaikkan travel. Kramat Djati merasa tanggung jawab mereka sudah selesai dengan tidak ada penumpang yang terlantar, apalagi mereka juga telah menyampaikan permintaan maaf.

Saya pun menyadari sebuah perusahaan jasa yang cukup punya nama tidak akan menjamin kualitas pelayanan kepada konsumennya. Konsumen sebagai raja hanya sekedar slogan semata. Pengalaman saya dengan Kramat Djati membuktikannya. Saya pun tidak akan menggunakan jasa mereka lagi. Dan saya mengingatkan kepada semua pihak untuk lebih berhati-hati kalau ingin menggunakan bis Kramat Djati agar tidak mengalami nasib yang serupa dengan saya.

30 comments… add one

  • Rani

    wah saya baru bgt ngalamin iphone ilang. Saat itu jg ada 2 penumpang yg kehilangan laptopnya. Pas sadar, kami lapor ke polisi Tuban. KD kami jurusan bandung-malang. Pas sampe di polres tuban sopirnya sempet nanya ke temennya yg laptopnya ilang “Masnya barangnya ga ilang?” agak aneh ya pertanyaannya. Pas di polsek Tuban, kami mnelfon agen cileunyi buat nanyain nmr telfon penumpang nomer kursi 20 yg “diduga” jd maling. Pas disana dikasih nomer telfonnya soalnya kan ditanyanya sm polisi ke kondekturnya. Pas beberapa hari kemudian saya coba tanya ke customer service buat nanya nmr tlfn itu dia blg “085…” terus dia kaya abis diajak ngmg gt sm yg lain dan abis itu ngmg “kita gaada nomernya” aneh yah padahal baru aja sebutin. Terus pas awalnya nanya ke agen di cileunyi dia blg dia gatau krn semua data2nya ada di pusatnya, hrs nanya ke customer service. setelah ngsh tau respon customer servicenya yg kaya gitu ke agen cileunyi, dia trs bilang “kita gaada datanya soalnya dia mesennya mendadak”. Skenario banget ya. Saran sih mending naik kereta atau pesawat aja, kapok naik kramat djati:(

  • fatkhul Kusuma Huda

    Saya sangat kecewa dengan kramat djati wisata. Kami sudah pesan tiket sewa bus 4 unit untuk wisata ke jakarta bandung jauh-jauh hari, yg pemberangkatan tanggal 20 juni 2014 pukul 15.00. tp ternyata mobil datang pukul 20.30. dan pukul 06.00 tanggal 21 juni 2014 mobil masih ada dipelabuhan bakauheni dan belum menyebrang. ini membuat jadwal yang sudah direncanakan menjadi berantakan. Sy minta pertanggungjawaban dari pihak manajemen KD.

  • indra

    saya juga kecewa berat sama kramat djati.saya harusnya turun bawen..malah diturunin di manyar semarang.bayangkan jam 3 pagi…gak ada kendaraan ke bawen…

  • Taufik

    SAYA TIDAK SEKALI 2 KALI DIKECEWAKAN DENGAN BIS KRAMAT JATI

  • Ega

    apapun bisnya,semua punya kelebihan dan kekurangannya masing2.bahkan sklas LE sja msh bnyk kekurangannya.yg pasti qta nikmatin aj dh.

  • wduh, pdhl hr ni sy rncana plg kmpg pke kd. smoga aja lncar dan slamat smpe tjuan.

  • rendra

    untuk PO KRAMATDJATI…
    saya mau komplain atas ketidakpuasan

    bis kramatdjati jurusan Denpasar-Jakarta kok ga layak jalan ya….
    tanggal keberangkatan 14 juni 2010….
    waduh dikit dikit berhenti, mogok juga, kreat-kreot,
    seat ga nyaman…
    selimut 1 untuk 2 orang…
    o my god….
    pak kramadjati….mohon dong di perbaiki,,,,kalo gitu terus pelanggan pada kabuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrr

  • KD mengecewakan

    tadi malam sungguh pengalaman yg pahit bersama KD
    saya naik bis dari kp.rambutan dengan harga tiket 145000 tujuan kota di jawa tengah.
    saya pikir KD sekelas RI
    ternyata…KD fuck..
    kebayang bis butut.
    pacar saya complaint,and lebih gila lagi kita di oper di tol cakung.
    akhirnya kita memutuskan tidak pergi ke kota di jateng.
    akibat KD dan crew yg pembohong.
    jadi mending naik bus yg terpercaya ajalah.

  • Arief

    Apapun Busnya aku tetep pilih Rosalia Indah n Harapan JAya.. bus bagus,pelayanan bagus n on time… aku kira kramat jati seperti mereka,nyatanya enggak..

  • KD FuCK

    KD BIS DENGAN SUPIR HIDUNG BELANG DAN GA TAU DIRI !MASA SAYA PENUMPANG DARI MALANG KE BOGOR DITURUNIN DILEBAKBULUS >>> PARAH KAN

  • Sutrisno

    Kramat djati memang sgt mgcewakan.
    Sy seorang mahasiswa,
    yg mncoba naek bis KD spy lebih awal datangnya.
    Hari sabtu,28 november 2009,sy membeli tiket KD,
    eh ternyata dah penuh,hanya tinggal 1tiket yg eksekutif,
    ya udah ku trima sj tawaran itu.
    Di tiket trtulis brgkt jm 3 sore utk tujuan solo->. Tapi knyataannya pas hari H nya, bisnya dateng/brgkat dr solo jm 16.00 lebih,parah beud.
    Kmdian shrusny jam 5 udh nympe bintaro, tp gara2 macet nympe di lb bulus jm 10.45…
    Parah parah,
    apalagi stlah itu seharusny djemput pake travel, e malah ditinggal.
    Trus aq tanya ma pak ptgas pake srgam tulisanny kramat djati,eh ktnya udah dtnggal travelny,mrk malah nyuruh ke loket suruh tanya.
    Ya sudah aq turutin nympe di loket e mlh ditanya2 dl,mrk mikir2 terus cm suruh nyariin travel buat km berdua.Kbtulan wktu itu kmi berdua,aku n tmnku.
    Stlh itu,bpkny malah bilang ,mas td ad travel d dpn kug g lnsung ikut sj.
    Yaaah, q jwb,
    pak2 kan sy penumpang baru, mana tau travel yg mana, nggak dilayani ma ptgasnya lagi.
    Bener2 terlantar…
    Dan bpknya ga bs ngeusahain travelnya.
    Malah dganti uang 5rb.
    Beuh beuh, 5rb buat apaan pak, lah tiket 135rb bukannya udah shrusny nympe ke bintaro,kug cm nympe lebak bulus,kataku kpd mrk.
    Parah parah, mana tanggung jawab dr pihak KD, mana mana mana, pelayanan yg sungguh mgcewakan. Heh… Anehny lg, knpa kug tiket sy diambil pihak sana, sharusnya tak bawa sj kan klo ntar ngmpul 12 tiket gratis 1.
    Trus gmn?
    Aku pgen komplain,komplain ke mana,tiket sy diambil,
    blm smpat nyatet contact person KD,
    biar q bs nyalurin komplainku…
    Dasar KD kD,
    pdhal ku pengen jd pelangganmu klo q mau balik ke/dr jakarta…
    Payah2
    maaf ya Kramat djati,
    Anda kehilangan calon pelangganmu.
    Dan sy nggak akan memakai Jasamu lagi,
    apalagi tiketku kau ambil apa maksudmu,apa?
    Biar ga bisa komplain?
    Biar ga da atasan Kd yg tau ttg ini.
    Mana motto mu, mana mana,
    katanya KD terpercaya?
    Buktinya mana?
    Knpa kau telantarkan kmi, ga da travel apa?
    Hingga kami harus nmbah ongkos lg naek taxi dr lb bulus mpe bintaro.
    Payah Kd.

    • sukoco

      bener mas say juga mengalami hal yang sama,sejak itu saya ga akan naik KD lg

    • dulu saya juga pernah naek kd 2 kali,yang paling mengecewakan busnya lelet,dan paling parahnya saya pernah diturunin di tol cikampek dengan alasan bus rusak,kapok dah naekKD,MAKAN HATIIIII………….

  • miola

    yah.. namanya juga kramat djati.. apapun bisa terjadi, ingat kasus kd yg terbakar di tol? ih ngeri.

  • ayang

    ih..jadi ngeri juga yah naik kramat djati..saya ga menyangka perusahaan bis segitu besarnya punya nama tapi ko pelayanannya jelek seh..dulu seh pernah punya kejadian.dari jogja ke jakarta, saya coba telp ke kantor nya u/ tanya harga tiket ac ekonomi nya berapa, dibilang 125 rb,excecutive ac ekonomi ga ada. tapi saat saya sedang menunggu bis lain dijalan ada bis kramat djati ac ekonomi lewat dan keneknya bialng jakarta mas…saya tanya berapa? dia bilang 125 saya tawar 70 rb dan dia mau..tapi bisnya seperti bis bogor bekasi…jelek abis.dan petugas dikantornya saat saya bilang kels ekonomi ac ga tapi nyatanya ada.

  • Fuck D ARIYANTO

    Mas D Ariyanto real fakta memang kramat djati aau istilah kami bismania itu adalah KD. memang nyata buruk pelayanannya. banyak penipuannya, mulai dari konfigurasi seat yg executive melebihi 30 seat ga kaya eksekutif beneran yang seat nya only 28seat, dan interior yang tiada seninya ga kaya Shantika. Begitu juga bunyi kreat kreot disana sini. armada KD yg baik cuma utntuk jalur denpasar dan malang. tp yg lain mengecewakan. bukan begitu barudak bismania.com?

  • firman

    jadi yang pelayanannya masih bagus/stabil utk bandung-jogja , bus apa ya?
    (bbrp thn lalu pakai kramat djati, ok2 aja, tapi setelah baca2 ini, kok sekarang jd wanehh)

  • D. Ariyanto

    Saya mau ikut menanggapi…
    1. Agen-agen itu adalah agen yang ditunjuk oleh perusahaan dan
    ada pengawasnya. Kejadian yang dialami oleh anda memang bisa
    terjadi bila pengawas lagi lengah.
    2. Setiap hari bis Kramat Jati yang berangkat dari jakarta sekitar
    30 bis untuk pulau jawa, belum yang ke Sumatra, Bali, dll. Jadi
    kejadian yang anda alami yang hanya sedikit dibandingkan dengan
    pemberangkatan setiap hari tidak dapat mewakili bahwa perusahaan
    PO Kramat Jati pelayanannya jelek.
    3. Jeleknya pelayanan diagen tidak dapat mewakili bahwa semua bis
    kramat jati jelek.
    4. Anda terlalu subjektif, banyak juga bis lain yang ada di
    Indonesia ini, dan yang lebih jelek dari Kramat jati. Anda harus
    ingat, ini menyangkut nama baik perusahaan dan menyangkut orang
    banyak.
    4. Namun, saya tetap akan menampung keluhan anda dan akan kami
    sampaikan keperusahaan sebagai masukan yang berharga untuk masa
    yang akan datang.

    D. Ariyanto

  • wi

    Saya kecewa dengan pelayanan PO. Kramat Djati di laket terminal Kalideres .

    hari minggu 13 september 2009 saya antar istri saya mau mudik saya beli tiket jam 13.00 wib kata penjaga loket katanya bus berangkat jam 14.00 wib dan katanya bisnya ac toilet tapi setelah ditunggu jam 14.00wib bus lom datang kata penjaga loket mabil baru jalan dari Poris tapi sampai jam 16.00 bus juga belum datang. saya tanya penjaga tiket bus dari Poris dah penuh dan nunggu bus dari lebak bulus. saya coba sabar tapi setelah nunggu hampir 4 jam bus jaga belom datang. kira- kira jam 18.00 bus baru datang n bus yang dijanjikan katanya ac toilet ternyata ac ekonomi jok 2.3 n ga ada toilet. buat yang jaga loket tikek kramat jati di terminal kalideres jangan suka bohong apalagi bulan puasa tar masuk neraka jahanam. jangan asal tiket laku dijual kasian dong ama colon penumpang sampai sampai hp istri sya hilang gara gara lama nunggu bus KRAMAT DJATI. n aku gak mau lagi naik bus kramat djati agennya penipu semua………………………………………

    N buat pimpinan PO kramat Djati tertipin agen agen nakal kaya agen terminal kali deres.

  • dal

    Lebaran tahun lalu kami juga punya pengalaman yang tidak bagus dengan PO. KRAMAT DJATI. Kami beli tiket di Terminal Pos Tingkir – Salatiga Jawa Tengah AC Ekonomi 2-3 Rp. 250.000,-. Keluarga kami sudah berlangganan pada PO. Bogor Indah tapi saya biasa pakai Kramat Djati klo ke Sumatera. Dan ternyata benar kata keluargaku kalo KRAMAT DJATI TIDAK BAGUS. Knapa ???? 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kami sudah siap di depan Agen Kramat Djati dan bis datang setalah kami menunggu 1.30 menit. Yg lebih mengecewakan Bis tersebut sudah penuh dan bukan bis Kramat Djati. Kata petugas agen bis keramat djatinya sudah tidak ada dan ini bis penggantinya dari kantor. Kami coba terima tapi toh jok sudah penuh…ya…kami komplaint dong…minta kembali uang kita. Nego sana sini pakai urat leher sedikit akhirnya uang kembali Rp.200.000,- dari harga tiket Rp. 250.000,- Saran kami buat saudara kami yang mau menggunakan jasa PO. Kramat Djati mikir dulu dah 1000 X.

  • wisman

    Tapi enggak semuanya boss…aku dah langganan bandung-lampung gak pernah ada masalah, tapi April 2008..Jakrta – Malang aku sempat di tunda-tunda sampai magrib..(jadwal berangkat jam 2 siang)bus gak kunjung dateng, akhirna saya naik Pesawat karena mengejar ada acara, saya bersama anak saya yang baru usia 7 bulan, istri dan mertua…saran untuk Kramadjati mohon pelayanan nya di perbaiki..

    • anton

      ga semuanya tp sering,ya sama aja bo’ong coy

  • fixxtea

    Kata siapa pelayanan Kramat Djati mengecewakan. Buktinya saya naik dari Solo ke Bandung lancar2 aja. Maju terus Kramat……………

    • togar

      alaaaahhhh…maju terussssss,langsung mundur kecebur jurang bah!!! macam mana kau ni, kami semua kecewa, kau tenang-tenang saja.

    • ucok

      untuk bus malam,kramat djati itu ada 2 divisi gan. divisi bandung dan divisi jakarta. nama bis dan gambar bis sama semua. tp manajemen dan pemilik nya beda gan. klo kramat djati jakarta plat B dan pemilik nya ibu nining.kramat djati bandun plat D pemilik nya bpk.agus budiman.trim’s

  • yana

    wah, jadi takut naik kramat djati, rencananya saya mau mudik besok ( 8 April 09 ) karena libur panjang,, sudah nanya2 tiket yang tersisa cuma kramat djati,,mending batal aja ahh..

  • R.Anton Budi Indrayana

    pada tnggal 31 maret 2009, saya hendak melakukan perjalanan ke Cirebon untuk monitoring jalannya kesiapan PEMILU..saya membeli tiket di agen P.O KRAMAT DJATI di daerah jakarta tepatnya depan alfa pasar kebayoran lama,jurusan Tegal Slawi Jakarta,dengan promosi langsung berangkat…dan berdasar kan tempat duduk(no)tepat tepat pk; 19.00 bus jalan… tetapi kearah pulogadung,dan dengan alasan kurang penumpang ga cukup buat biaya solar (padahal penumpang sekitar separuh seat yg ada)dioper….anehnya bus yg kedua kosong!! klo berdasarkan kekurangan penumpang kenapa harus ditulis seat? harga tiket 45.000 ga jd soal,hanya pelayanan sangat sangat buruk!! dibus kedua penumpang smua harus menunggulagi,karena bus masuk terminal pulogadung dan nunggu penumpang penuh.karena saya harus buru buru saya turun dan meminta potongan harga pembatalan.. jawab kondektur bus kedua (batak) kaga bisa pak, kita operan…(tp kosong pas dioper)sayapun ga mau ribut..dan turun dipulogadung melanjutkan perjalanan dg PO lain..dimana tanggung jawab moral pihak PO Kramat Djati yg punya slogan “transportasi terpercaya”dan buat penumpang tujuan tegal slawi dan sekitarnya hati hati dengan PO ini.. secara tidak langsung penipuan oleh pihak crew.. nopol bis: B 7907 VB dan loket di kebayoran lama yg promosi langsung ga berhenti, klo dioper bayar/dikembalikan full. dan buat siapapun yg memiliki contact pengaduan kramat Djati mohon info..! tiket tetap akan saya simpan sebagai bukti saya pernah kecewa pelayanan PO kramat Djati.no tiket 0769310 tanpa stempel!!

  • Adhi

    Saya punya pengalaman buruk menggunakan bis kramat djati, hari itu 06 Agustus 2008 saya berangkat dari jogja pake bis kramat jati exekutif class. saya membawa tas hitam dan printer. sesampainya di Bandung di JL Ambon, ketika bangun tas saya sudah Raib. saya panic dan menanyakan kepada supir, tetapi sang supir dengan gampanyanya bilang “wah paling hilang mas” padahal tas itu isinya sangat penting bagi saya. tas itu isinya laptop “ECS” hitam merah, kunci motor, kunci kost, flastdisk 2 buah dan yang paling penting adalah berkas skripsi asli dan surat-surat penelitian. saya sangat kecewa setelah saya mengadukan dengan bagian keamanan Kramat Djati di Jl Ambon, dia dengan gampangnya mengatakan “Sudhlah mas jangan diperpanjang Percuma juga klo mau ngadu2″ dan dia juga mengatakan bahwa hanya bis jurusan Jogja-Bandung yang sering ada MALINGnya. seolah dia sudah mengetahui dan bagian dari komplotan “Maling” itu. jujur saya KAPOK selaki naik bis KRAMAT DJATI karna sama sekali tidak menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang. dan bis Kramat Djati kru-kru nya maling semua dan bis itu bukan alat transportasi, melainkan jebakan agar penumpang bisa dimalingin. bagi yang baca tulisan ini saya imbau “jangan naik bis kramat djati” klo gak mau barangnya HILANG seperti saya

    at Last Thanx by: adhi_pembalap@yahoo.com

    • ridwan

      wah ngalamin juga mas?, ternyata emang udah sering ya kejadian kyk gini, iphone saya juga raib mas, kronologi kejadiannya sama bgt kyk yg mas alamin. mari kita ikhlaskan saja mas, mungkin ini teguran juga dari tuhan..

Leave a Comment

Next post:

Previous post: