≡ Menu
hilmiaRIFIN

Kirim Uang Jepang-Indonesia dengan Moneybookers

in IndoJapan

Melanjutkan kuliah ke luar negeri menjadi impian sebagian besar orang Indonesia, termasuk saya, apalagi jika gratis atau memperoleh beasiswa. Harapannya sih beasiswa yang diperoleh bisa disisihkan sedikit untuk ditabung. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui kata pepatah. Sekolah dapat, jalan-jalan ke luar negeri iya, tabungan pun bertambah :). Jepang menjadi negara favorit pemburu beasiswa karena para sponsor beasiswa di negeri sakura ini, baik pemerintah maupun perusahaan, dikenal ‘dermawan’ dalam memberikan beasiswa. Jumlah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa asing lebih dari cukup untuk hidup bahkan mereka bisa menyisihkannya untuk ditabung dan dikirimkan ke tanah air.

Mengirimkan uang dari Jepang ke Indonesia bukan hal yang mudah. Besarnya biaya dan lama pengiriman menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan. Moneybookers (MB) adalah solusinya. Dengan Moneybookers mengirim uang dari Jepang ke Indonesia hanya memerlukan waktu dua hari dengan biaya relatif murah dan nilai tukarnya pun terhitung cukup bagus. Kita cukup membuka akun gratis di Moneybookers, menambahkan rekening bank yang akan digunakan, dan melakukan verifikasi alamat, maka Moneybookers siap dipergunakan. Selanjutnya tinggal upload funds ke akun MB dan kemudian withdraw, so uang akan berpindah dari rekening Jepang ke rekening Indonesia. Begitu mudahnya dan kita cukup melakukannya dari depan internet.

Pengalaman saya, upload fund hari Jumat tanggal 9 Oktober 2009 masuk ke akun MB hari Senin tanggal 12 Oktober 2009. Hanya perlu 1 hari (hari libur Sabtu dan Minggu tidak dihitung).
Tutorial Moneybookers, Kirim Uang dengan Moneybookers, Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia, Panduan Moneybookers

Kemudian Selasa 13 Oktober 2009 saya withdraw ke rekening Indonesia.
Tutorial Moneybookers, Kirim Uang dengan Moneybookers, Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia, Panduan Moneybookers
Dan keesokan harinya, Rabu 14 Oktober 2009 dana sudah ada di rekening Indonesia. Saya mencoba 2 bank, BCA dan BNI, ternyata masuknya dana tetap dalam hari yang sama.
Tutorial Moneybookers, Kirim Uang dengan Moneybookers, Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia, Panduan Moneybookers

Tutorial Moneybookers, Kirim Uang dengan Moneybookers, Kirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia, Panduan Moneybookers

Ingin tahu caranya? Download gratis panduannya di sini.

Selamat transfer!

17 comments… add one
  • lizha firdaus

    Seandainya transfer rabu dri jepang nyampe indo hari apa

    • dicoba aja, saya sudah lama tidak mengikuti perkembangan moneybooker

  • yura

    Pagi saya mau tanya
    Teman saya transfer dari jepang ke indonesia via BANK BCA
    Kalau hari senin di kirim itu sampainya hari apa yah?
    Makasih

  • soji

    selamat siang saya mw tnya ni…..
    teman saya dari luar negeri ingin mengirimkan uang ke indonesia,dalam bentuk USD.dia ingin berinvestasi dari di indonesia.jumlah yang akan di kirim sekitar $150.000 USD
    nah,saya ingin tanya prosedur pencairan dana tersebut di indonesia bagaimana?
    sementara di indonesia kan da batasan pengririman atau penerimaan uang,baik yang di kirim maupun yang di terima dari luar negeri.

    • maaf, saya tidak mengetahui tentang apa yang Anda tanyakan. silakan bertanya kepada yang lebih berkompeten. terima kasih telah mampir ke blog saya.

  • niko

    mas, mau tanya .. saya juga cukup baru menggunakan MB, saya mau tanya apakah uang di MB harus di upload dulu sebelum bs ditransfer? kurang lebih untuk meng-upload balance membutuhkan waktu brp lama? apakah nanti mereka(pihak dari bank jepang) akan men-konfirmasi penarikan uang di rekening jepangnya seperti tlpn atau sbg?

  • Terima kasih ya mas Hilmi saya lagi butuh info tentang ini sekarang

  • hamzah

    nanya nih,code swift bank bca berapa ya,apa sama semua setiap cabank..lagi bingung masukin code swift banknya nih,takutnya salah,klo salah ntar malah g masuk lagi…bls ya,,thank all

    • kode SWIFT berlaku sama untuk semua cabang, silakan lihat di website masing-masing bank. terima kasih.

  • cariti

    Terimakasih atas informasinya yang sangat membantu. Mau tanya neh Mas Hilmi, saya mau kirim uang via MB dari indonesia ke jepang bagaimana caranya? Saya lihat di web MB tidak ada bendera indonesia, jadi tidak bisa transfer Rupiah langsung ke MB ya? apa kita harus punya rekening dolar/ yen dulu atau bisa rekening rupiah saja untuk mentransfer uang dari rekening indonesia ke MB? Bank apa saja yang bisa digunakan? Apa bisa juga transfer dengan setoran tunai? berapa biaya transfernya? Trus nanti dana kita yang di MB yang ingin ditransfer ke bank Jepang harus diubah dari euro ke yen dulu ya? Tolong bantu ya, aku lagi bingung. terimakasih sebelumnya.

  • batas maksimal kirim uangnya berapa yen ya??? apakah bisa jutaan yen?

    • pada awalnya memang masih terbatas, tetapi selanjutnya akan semakin besar sampai jutaan yen seiring dengan terverifikasinya akun moneybookers yang kita miliki

  • imam hari

    Mas…terima kasih atas sharing informasinya.
    Saat ini saya telah membuat account di MB, karena saya msh baru dan akan menggunakan layanan MB maka ada beberapa hal yang akan saya tanyakan.
    Setelah saya dapatkan data-2 ttg transfer apakah saya harus ke kantor SMBC sebagai primary account saya dan menunjukkan data tersebut ke petugas bank ataukah bisa menggunakan ATM SMBC ?.
    Jika bisa menggunakan ATM SMBC, apakah data-2 tersebut adalah nomer rekening yang akan dituju ?.
    Saya masih belum memahami dengan baik petunjuk yang telah Mas tulis terutama pd prosedur upload fund (hal 10) setelah menerima data dari MB.

    Terima kasih atas penjelasannya.

    • setelah melakukan prosedur upload, kita akan mendapatkan data-data sebagai petunjuk dalam melakukan transfer, berupa rekening penerima beserta nomor rekeningnya. selanjutnya kita tinggal melakukan transfer melalui ATM.

  • kate

    Saya ingin berbagi pengalaman mengenai moneybooker karena saya dulu terbantu jg dgn pengalaman org lain:
    Upload:
    Tanggal 28 Okt 2009 saya transfer USD 125.00 (Rp.1.265.000,- kurs 1USD=Rp.9.700) dari bank BCA ke Moneybooker, sampai di Moneybooker tanggal 30 Okt 2009 dengan Saldo USD 108.50,-
    Surat Verifikasi :
    Tanggal 18 Nop 2009 saya meminta surat verifikasi melalui pos dari moneybooker dan surat tersebut sampai tanggal 30 Nop 2009 di rumah saya yang beralamat di Jakarta. Kode password langsung saya masukkan, demikian juga kode konfirmasi bahwa surat sudah sampai.
    Withdrawal :
    Tanggal 30 Nop 2009 saya withdrawal langsung setelah verifikasi sejumlah USD900.00,-, dan sampai di rek. BCA saya cabang Cibubur tanggal 8 Des 2009 USD895.00,- atau Rp.8.395.100,- kurs hari itu 1USD=Rp9.380,-.
    Komentar :
    Bagaimanapun moneybooker sangat berguna bagi saya untuk transaksi lewat internet, yang jelas withdrawal terlalu muluk2 kalau ada yang bilang sehari sampe; minimal 3 hari ke atas mungkin tergantung bank kita dan apakah bank tsb cabang pembantu atau cabang utama atau kantor pusat, rek IDR atau USD. Semoga pengalaman ini berguna bagi yang lain. Thx.

    • kate, terima kasih atas sharingnya…memang benar untuk withdrawal biasanya perlu waktu sekitar 3 hari, namun berdasarkan pengalaman saya dan temen-temen di IUJ Jepang ternyata hanya butuh waktu sehari dari withdraw uang sudah masuk ke rekening di Indonesia.

Leave a Comment