≡ Menu
hilmiaRIFIN

Kilas Balik 2007 : Dari Menikah sampai Reksadana

in Reflection

Sebagaimana kebanyakan orang, saya pun melewati pergantian tahun 2007 dengan melakukan berbagai evaluasi. Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui sampai seberapa jauh pencapaian di tahun 2007, mana target yang dapat dicapai, mana yang belum, dan mana yang perlu ditingkatkan.

Secara umum, pada tahun 2007 ini saya mengalami perubahan hidup yang sangat signifikan dengan keputusan saya untuk mengakhiri masa lajang. Lembaran hidup baru sebagai seorang suami dan kepala keluarga tentunya menuntut tanggung jawab yang tidak ringan. Dan alhamdulillah selama setengah tahun ini semuanya berjalan lancar. Semoga langkah awal ini akan membawa berkah pada kehidupan kami di masa mendatang.

Pada sisi pekerjaan sebagai PNS di Bappeda Kota Yogyakarta relatif sama seperti tahun sebelumnya. Kesibukan menyiapkan anggaran tahun 2008 sangat menyita pikiran, waktu serta tenaga, bahkan bekerja sampai malam menjadi kelaziman dan itupun sampai saya menulis artikel ini belum mendapat persetujuan dari legislatif.

Sementara itu keinginan saya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang S2 belum juga terwujud, meskipun sudah ada sedikit titik terang. Aplikasi beasiswa saya ke Bappenas sudah lolos TPA dan TOEFL, insya ALLAH tinggal menunggu penempatannya yang menurut rencana akan diumumkan pada awal tahun 2008. Aplikasi beasiswa saya ke Ford Foundation masih gagal di tahun 2007 ini, sedangkan beasiswa Chevening baru akan diumumkan pada bulan Januari 2008 bagi aplikasi yang lolos administrasi.

Memburu dolar di internet mewarnai perjalanan hidup saya dalam melewati tahun 2007. Berbagai program online earning yang semakin marak ditawarkan pada tahun 2007 saya ikuti. Meskipun belum ada satupun yang memberikan hasil nyata pada diri saya, tapi tetap saja saya mencoba serius mengikutinya. Mendaftar PayPal, dibanned GoogleAdsense, upgrade ClixSense, dan ikut PTC/PTR, serta referral program semuanya saya anggap sebagai sebuah pembelajaran yang berharga di tahun 2007. Kabar gembiranya, di akhir tahun 2007 Text Link Ads saya mulai ada peminatnya 🙂 meski baru satu.

Tahun 2007 seakan menjadi titik balik kehidupan saya. Setelah lebaran 1428 H saya mulai berkenalan dengan produk investasi unitlink dari Prudential melalui seorang teman kuliah yang keluar dari pekerjaannya di sebuah BUMN untuk fokus menjadi agen produk tersebut. Bukan karena agennya teman saya, sehingga saya membeli unitlink tersebut, tapi karena sudah lama saya ingin membeli produk investasi. Saya membeli produk prulink equity syariah. Selain produk unitlink, di akhir tahun 2007 saya mulai menjajal menjadi seorang investor reksadana (detailnya akan saya tulis dalam artikel tersendiri).

Pencapaian di tahun ini menjadi bekal saya menyongsong tahun 2008 dengan penuh asa dan cita. Semoga kehidupan saya dan keluarga di tahun 2008 lebih baik dan bermakna serta membawa manfaat bagi orang lain 🙂

0 comments… add one

Leave a Comment