≡ Menu
hilmiaRIFIN

Kiat Hidup Berkah di Pagi Hari

in Reflection

Kualitas hidup seseorang dapat dilihat pada perilakunya sehari-hari, dari bangun tidur pagi hari hingga kembali ke peraduan pada malam hari. Setiap orang berbeda-beda tingkat pendi-dikan, tingkat sosial dan tingkat keimanannya, tetapi peri-lakunya sehari-hari akan mengumpul-kan mereka dalam satu kelompok yang identik. Meski akhlak seseorang tersembunyi di dalam jiwanya, tetapi adab dan tatakarama yang diikuti dan nampak dari luar akan menyuburkan akhlak yang tersembunyi itu.

Kemukminan seseorang dapat dilihat dari perilakunya sehari-hari yang secara konsisten dilakukannya, dan menurut hadis Rasulullah indikator imannya dapat dilihat pada 77 variabel (disebut 77 cabang iman).

Adab adalah akhlak yang bersifat lahir. Untuk menyuburkan nilai keimanan, agama IslamThree Questions menga-jarkan adab yang sangat dianjurkan untuk diikuti. Adab Islam menyangkut seluruh aspek kehidupan, baik dalam berhubungan dengan Tuhan, dengan sesama manusia, maupun dengan diri sendiri, dari sejak bangun tidur, beribadat, bekerja dan hingga kembali ke tempat tidur.

Kiat utama adalah bangun tidur. Setiap mukmin dianjurkan untuk bangun tidur pada pagi hari sebelum subuh, karena sebagaimana dikatakan oleh Rasulullah, bahwa saat pagi hari menje-lang subuh itu merupakan saat-saat penuh berkah. Rasulullah bersabda: Ummatku diberkati Allah (ketika mereka bangun) di pagi hari (burika liummati fi bukuriha).

Berkah artinya terkumpulnya kebaikan ilahiah pada seseorang atau sesuatu atau suatu waktu seperti ter-kumpulnya air di dalam kolam (tajam-mu` al al khair al Ilahy ka tajammu` al ma fi al birkati). Dalam kehidupan sehari-hari, berkah artinya ter-dayagunakannya nikmat Tuhan secara optimal. Orang yang bangun pagi akan memperoleh udara bersih, kesegaran badan, dan peluang bekerja yang lebih banyak.

Ketika bangun tidur dianjurkan untuk mem-baca doaBerapa Lama Kita Dikubur seperti yang diajarkan oleh Rasulullah, sebagai berikut: Al hamdu lillahillazi ahya na ba`da ma ama tana wa ilaihin nusyur
Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada Nyalah kami kembali.

Rasulullah juga mengajarkan doa yang seyog-yanya dibaca setiap pagi, sebagai berikut:
Allahumma bika asbahna wabika amsaina wa bika nahya wa bika namutu wa ilaihin nusyur
Artinya: Ya Allah, dengan nama Mu aku memasuki pagi hari dan dengan nama Mu pula aku memasuki sore hari. Dengan nama Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama Mu pula aku mati, dan kepada Mu lah tempatku kembali.

Maha benar allah dengan segala firmannya.

8 comments… add one

  • semoga brmanfaat pak kiat” dr anda..
    smoga sukses

  • FITRIA

    bangun pagi kita di anjurkan sholat subuh,, wiritan ,,baru mndi,

  • mohon tambahan tausiahnya

  • Mari Kita Jemput CAHAYA dengan CAHAYA. Pastikan Setiap Detik Hidup Kita ini Menjadi nilai IBADAH, ILMU, Silaturahim, Manfaat, Solusi, dan menjadi nilai FINANCIAL(Uang).
    Gratis Bimbingan dan Panduan Untung Dagang dan Wirausaha,Mau?
    Daftar Sekarang.
    Klik disinihttp://www.pesantrenbisnis.com/
    .-= ayi Muzayini´s last blog ..Undangan Camping Ukhuwah =-.

  • Awal yang indah di pagi hari, berdo’a stlah sholat subuh, moga rahmat tercurahkan di hari yang indah pula kebrkahan ALLAH meliputi sepanjang hari, HIDUP BERKAH huidup yang penuh dengan amal saleh , dan berupaya terus meningkatkan kebaikan-kebaikan, dan mengajak manusia juga berbuat kebaikan.
    Semoga ALLAH senantiasa merahmati kita semua
    Wassalam,

    munaseh’s last blog post..Ayo bermain kata demi slogan bisnis yang ampuh

  • erfan

    Betul kerasa sama saya

  • Salm Cinta…sepenuh hati…
    Alangkah indahnya bila hidup kita dari awal sampai akhir selalu dalam keberkahan..
    Mampir dong…
    http://pengembarajiwa.wordpress.com/

  • Selamat dan Sukses untuk Anda
    Semoga Hidup Anda Lebih indah dan lebih berkah.

    Indahnya Kebersamaan, saling berbagi kebaikan dan kesejahteraan dengan penuh ikhlas dan kejujuran! Hidup penuh arti dengan jalan mesukseskan banyak orang. Ayo kita terus berbagi, mulai dari orang yang paling dekat dihati.

    Dari Sahabat Karib Anda Ayi Muzayini
    0813-8244-2222

Leave a Comment

Next post:

Previous post: