≡ Menu
hilmiaRIFIN

Fenomena Ngeblog di Indonesia

in Blogging

Weblog atau blog telah menjadi sebuah fenomena di mana-mana di seluruh negara, tidak terkecuali di Indonesia. Pada awalnya orang-orang tertentu saja yang ngeblog. Komunitas ngeblog terbatas pada orang yang biasa bergelut di dunia teknologi informasi dan aktif berselancar di dunia maya. Namun sekarang, ngeblog telah masuk ke semua kalangan di Indonesia. Mempunyai blog dan ngeblog seolah telah menjadi sebuah kebutuhan sehingga dilakukan oleh mereka dari orang biasa, praktisi IT, pelajar, mahasiswa bahkan dosen, peneliti, sampai menteri dan presiden. Temanya pun bermacam-macam. Ada yang santai dan ringan tapi menyegarkan sekaligus mencerahkan, tetapi ada blog yang serius dan sarat dengan ilmu yang memberikan tambahan pengetahuan bagi pembacanya. Dengan demikian tidak berlebihan jika banyak pengamat yang memberikan prediksinya bahwa masa depan internet berada pada blog.

Dalam pengamatan saya perkembangan blog yang begitu fenomenal setidaknya dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :

#1 Piranti Blogging
Berbagai pihak menyediakan piranti untuk membuat blog. Hal yang demikian semakin mempermudah orang untuk membuat blog. Mereka yang hanya tahu menggunakan komputer untuk mengetik dan sesekali browsing pun bisa membuat blog dalam hitungan menit. Bahkan satu orang bisa mempunyai blog lebih dari satu. Blogger dan WordPress adalah dua piranti yang saat ini populer dan banyak digunakan untuk ngeblog karena berbagai fasilitas yang dimiliki dan dapat diperoleh secara cuma-cuma.

#2 Tutorial Blogging
Banyaknya blog yang memberikan berbagai panduan dan tip untuk blogging membuat perkembangan blog semakin menggurita. Banyak blogger pemula yang memanfaatkan blog-blog seperti ini untuk terus belajar bagaimana membuat blog mereka semakin menarik. Bahkan seorang Budi Putera memposisikan blognya sebagai tempat belajar ngeblog bagi pemula dengan memberikan panduan dan tip yang mencerahkan. Masih ada nama-nama lain seperti fatih, isnaini dan blog lainnya yang memberikan tutorial mengenai ngeblog.

#3 Program Afiliasi
Perkembangan blog yang luar biasa juga dipengaruhi oleh berbagai program afiliasi yang memungkinkan pemilik blog untuk menghasilkan uang dari blog yang dimilikinya. Program afiliasi yang tengah naik daun adalah Google Adsense. Di Indonesia, program ini telah melahirkan orang-orang yang sukses sebagai publisher berpenghasilan dolar sampai 3-4 digit. Orang pun banyak yang kepincut dan rajin menongkrongi forum adsense indonesia guna belajar menjadi adsenser yang berhasil.

Semua pihak tentunya berharap fenomena ini tidak akan menimbulkan dampak negatif yang dapat semakin menurunkan citra Indonesia. Para blogger dapat didorong menjadi corong negara dalam memperbaiki image Republik di dunia internasional. Branding melalui dunia maya bisa jadi lebih efektif dalam mencitrakan republik tercinta ini.

Bravo dan maju terus blogosfer Indonesia !!!

4 comments… add one
  • Ngeblog mulai rame karena Menulis itu perlu biar kita semua bs bangun potensi diri begitu juga negara XD

  • Iya, ngeblog jadi trend. Saya yang punya latar belakang akuntansi, karena hobi aja sudah bisa buat blog lumayan…. Tapi saya nggak pake Wordpress/Blogger, pake CMSnya Joomla.

  • Bravo juga! Pokoknya idem sama Uda Budi Putra 🙂

  • Kita memang perlu mendorong agar semakin banyak orang Indonesia yang ngeblog. Saling berbagi informasi dan pengalaman adalah salah satu cara yang efektif.

    Bravo blogosfer Indonesia!

Leave a Comment