≡ Menu
hilmiaRIFIN

Dari XL GPRS Unlimited ke IM2

in Internet

Saya memutuskan berhenti berlangganan XL GPRS Unlimited untuk sambungan internet setelah menggunakannya selama 9 bulan. Dan sudah satu bulan ini saya menggunakan IM2 prabayar sebagai gantinya. Masalah kecepatan adalah alasan utama saya kenapa mengganti XL GPRS Unlimited dengan IM2. Selama satu bulan di Jakarta, saya merasakan kesulitan mengakses internet menggunakan XL GPRS Unlimited dengan kecepatan yang sama dengan ketika saya melakukannya di Yogyakarta, sehingga waktu saya banyak terbuang ketika browsing.

Selain masalah kecepatan, keterbatasan waktu yang saya miliki di Jakarta menyebabkan saya tidak bisa maksimal menggunakan XL GPRS Unlimited seperti sebelumnya. Praktis, aktivitas internet saya hanya sekedar mengecek email dan membalas komentar yang masuk ke blog ini, itupun tidak saya lakukan setiap hari. Kegiatan mengupdate blog dan atau bermain PTC/PTR hanya sesekali saya lakukan.

Selama satu bulan menggunakan IM2, saya merasa sangat puas. Starter pack seharga 150 ribu sudah termasuk kuota sebesar 150 MB ternyata baru habis setelah satu bulan pemakaian, karena saya hanya menggunakan untuk mengecek email dan sesekali main PTC/PTR. Soal kecepatan koneksi internet IM2 yang berbasis 3,5G tentu sangat jauh bila dibandingkan dengan XL GPRS Unlimited, sehingga saya pun bisa menghemat waktu ketika browsing. Namun demikian, karena IM2 berbasis kuota, maka saya harus pandai-pandai mengatur penggunaannya untuk browsing hal-hal yang penting saja. Kalau tidak, maka biayanya akan membengkak. Untungnya saya memilih IM2 yang prabayar, sehingga kalo jatah kuotanya habis, maka saya tidak akan bisa nyambung internet sebelum mengisinya kembali. Dengan demikian saya bisa mengatur pengeluaran untuk internet. Dan ini merupakan alasan penting juga mengapa saya beralih ke IM2, karena saya sedang melakukan penghematan di beberapa pos belanja bulanan. Dengan IM2 prabayar ini, saya mencoba untuk mengalokasikan anggaran untuk internet maksimal 150 ribu setiap bulannya dengan kuota sebesar 250 MB. Jumlah ini saya rasa lebih dari cukup kalo sekedar untuk mengecek email dan sedikit browsing. Sedangkan untuk keperluan download saya memilih operator seluler IM3 yang time based dengan biaya Rp.100 per menit.

Saat ini, perpaduan antara IM2 dan IM3 cukup ideal bagi saya untuk keperluan akses internet. Selamat tinggal XL GPRS Unlimited…

5 comments… add one
  • gustiwul

    xl kyaknya rubah2 terus lyanan *123#nya

  • mashuna

    kok saya nyaman pakek m2 ya isi ulangnya pun juga nyaman tinggal mtronik ja .. klo m2 kan harus buka web nya sedangkan xl jg bisa buat tlp dan sms juga kok. di jogja aksesnya lumayan cepet karena mgkin hanya dikit yang makek ??? kan baru beredar di jabotabek only…

  • sejutu

    saya juga pake im2 bro.. kenceng abis.. hehehe.. soalnya tu
    Speed yg ditawarkan XL Unlimited ini adalah up to 256 Kbps untuk 1 Giga setelah melewati 1 giga maka kecepatan akan diturunkan menjadi up to 64 Kbps untuk pemakaian normal selama 1 bulan. Di bulan berikutnya setelah melakukan isi ulang maka kecepatan akan kembali menjadi up to 256 Kbps. jadi lelet menurut gw! kecepatanya aja ada kata2 UP TO.. jadi pasti jarang banget sampe 256kbps.. jadi mendingan jangan make xl de daripada nyeesel!

  • david

    emang ya…
    IM2 jangkauan nya dah sampe mana aja???

  • Lukman

    ko saya malah sebaliknya ya….
    ketika saya pake XL GPRS malah koneksinya bagus terus pas ganti ke m2 malah koneksinya putus-putus..

Leave a Comment