≡ Menu
hilmiaRIFIN

Benjolan Itu Ternyata Lipoma

in Personal

Akhir-akhir ini saya merasakan rasa nyeri di punggung. Pada awalnya saya berpikir itu hanya rasa nyeri biasa yang disebabkan oleh kebiasaan saya membawa tas ransel dengan beban yang agak berat. Namun, rasa nyeri tetap muncul setelah saya mencoba mengurangi beban bawaan saya. Akhirnya pada hari Sabtu minggu lalu saya memeriksakan diri ke RS PKU Muhammadiyah di Yogyakarta.

Tujuan pertama saya adalah poli syaraf, karena keluhan saya rasa nyeri dan dokter yang memeriksa pada siang itu Prof. dr. Rusdi Lamsudin. Setelah diperiksa, saya dirujuk ke dokter bedah karena sangat mungkin rasa nyeri yang saya rasakan disebabkan oleh adanya benjolan di punggung saya. Saya tidak pernah berpikir sebelumnya bahwa benjolan di punggung saya itulah penyebab rasa nyeri, karena dari dulu saya tidak merasakan apa-apa.

Pindah ke poli bedah diperiksa oleh dr. Jisdan BY, Sp.B. Beliau mengatakan benjolan yang ada di punggung saya sebagai LIPOMA. Lipoma adalah sebuah tumor jinak yang berisi lemak dan tidak akan pernah menjadi ganas. Kalau lipoma ini masih kecil memang tidak mengganggu, namun jika sudah besar sangat mungkin dapat menimbulkan rasa nyeri karena mengganggu jaringan di sekitarnya. Beliau menyarankan untuk diambil melalui bedah minor dengan bius lokal dan tidak lebih dari 15 menit. Saya hanya termangu-mangu mendengar penjelasannya dan saya pun tidak mengiyakan untuk operasi.

Seminggu berlalu, rasa nyeri tetap saja muncul. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan operasi kalau pas saya pulang ke Jogja. Hari Sabtu kemarin saya bertekad bulat untuk bedah minor lipoma saya. Ini adalah pengalaman pertama saya operasi, sempat deg-degan juga dan berpikir yang tidak-tidak. Masalah biaya saya mencoba memanfaatkan asuransi Prudential Syariah yang akhir tahun lalu baru saya ikuti. Teman saya yang bertindak sebagai agen pun sudah datang dari Jakarta untuk mengurusi administrasinya. Pas tiba giliran saya masuk ternyata dokter Jisdan tidak bersedia melakukan operasi siang itu karena tidak ada janji lebih dulu. Beliau tidak mau mengambil risiko, karena sudah siang biasanya alat-alat operasi sudah tidak steril. Akhirnya diputuskan operasi akan dilakukan Senin siang.

Senin siang jam 12.30 WIB operasi dimulai. Dan tidak lebih dari 15 menit sudah selesai. Rasa sakit hanya saya rasakan 2 kali ketika dokter menyuntikkan bius lokalnya. Setelah itu saya tidak merasakan apa-apa dan tahu-tahu dokter sudah menunjukkan hasil kerjanya. Saya melihat lemak atau ‘gajih’ berwarna putih. Kalau dalam bahasa Jawa saya menyebutnya ‘tetelan’. Cukup banyak juga lemak yang diambil. Syukur alhamdulillah operasi berjalan lancar. Saya pun pulang ke rumah setelah membayar biaya operasi sebesar Rp.349.500,- dan membeli obat seharga Rp.63 ribuan. Kuitansi-kuitansi tersebut akan saya klaimkan ke Prudential. Kalau memang disetujui, Prudential akan menggantinya melalui transfer ke rekening saya.

56 comments… add one
  • Erlis dj

    Siang pak Rifin saya Erlis saya juga di diagnosa dokter katanya punggung saya ada kista atau lipoma, memang sejak januari 2016 sampai skrng agustus 2016 ada benjolan di bagian punggung kiri… Dokter menyarankan diangkat karena memang mengganggu… Yg akan saya tanyakan, apakah kalau dilakukan operasi akan menyebabkan penyebaran ke bagian tubuh yang lain? Saya takut sekali karena saya sebelumnya tidak pernah mengalami ada benjolan2 di tubuh saya dan harus operasi…trimakasih

  • Nesya

    Saya juga sudah sadar akan benjolan yang terdapat di bagian paha saya. Awalnya kecil sekecil bentol. Kurang lebih 3-4 tahun berlalu benjolannya semakin membesar tapi tidak besar sekali, hanya sebesar biji jeruk. Dan saya tidak merasakan sakit sama sekali. Akhir akhir ini saya juga melihat benjolan yang sama sebesar bentol nyamuk di betis kiri dan kanan saya. Jadi total semua ada 3 benjolan yang di diagnosa limpoma oleh teman ayah saya (seorang dokter)

    Apa saya harus melakukan operasi?
    Karena teman ayah saya hanya berpesan bahwa tumor jinak ini tidak akan bertambah besar kalau tidak tersentuh atau di tekan tekan (dipegang pegang/dipencet pencet)

    Mohon sarannya.. Terimakasih.

  • sutikno

    Dari samarinda-istri saya di diagnosa ada lipoma di leher kanan bawah dekat pundak
    sudah hampi 2 tahun hari ini dokter akan mengangkat melalui operasi
    namun setelah mau di lakukan pembedahan ternyata benjolan tersebut menghilang
    entah lari kemana,akhirnya dokter mengurungkan untuk membedahnya, apakah ada metode kedokteran untuk melacak lipoma itu berada ?apakah memang lipoma bisa berpindah pindah
    Terima kasih

  • arif

    assalamualaikum,
    Mohon bantuannya saudaraku semua, aku juga terdapat benjolan dibadan bahkan jika dihitung kurang lebih 14 benjolna dengan diameter yang bervariatif, dan untuk biaya penganngkatan informasi yang saya dapat berkisar 500rban,
    yang saya tanyakan biaya tersebut apakah untuk semua/sepaket atau per titik/perbenjolan?
    jika menggunakan asuransi apakah dijamin?
    jika menggunakan bpjs juga apakah dijamin?
    mohon bantuannya bilamana ada yang paham akan hal ini
    Terimakasih….

  • b udiasa

    jika ada yg pernah pakai herbal dan terbukti berkhasiat mohon di share infonya ya

  • hallo…. teman saya pun pernah mengalami penyakit ini sudah dioperasi muncul kembali, dan akhir-akhir ini lipoma mulai mengecil tanpa dioperasi. ternyata mengecilnya lipoma itu dengan mengkonsumsi jelly gamat gold-g.

    • anha

      brpa lama mbak tman nya pakai…itu?
      saya awalnya pegel2 dipunggung…stlah beberapa hari saya tidak sengaja menyentuh kayak benjolan kecil gitu..apa sama dgn punya saya ?
      mohon balasanya ya

    • rio

      minta tolong spt apa obatnya jely gamat gold, klo ada gambarnya kirimin yah,, thank,s…

  • yhoko

    Saya baru udah operasi lipoma di pangkal paha dan benjolan nya udah sebesar telur ayam kampung gelaja nya udah dri 6 taun dan alhamdulillah operasi berjalan lancar biaya operasi gratis karna saya pakai kartu bpjs klas 3 yg biaya 25 ribu

  • toni

    assalamualaikum….saya mau tanya..saya punya lipoma d daerah pipi.sebesar biji salak.klo d operasi bisa gak.dan biayanya berapa.???

  • rina

    Sy ada benjolan dipunggung dkt belikat uk lbh kecil dr bola pimpong dikit.sekarang mulai terasa sakit bila duduk menyender krn tertekan.ada rasa panas juga.apakah ini lipoma?

  • ari

    Saya jg mengalami benjolan di punggung, 2 bln belakangan ini semakin cepat membesar hingga sebesar bola pingpong. Alhamdulillah setelah 2 minggu ini saya meminum kapsul ekstrak minyak daun sirsak benjolan tsb memerah dan pecah spt bisul, dan keluar cairan spt gajih putih yg cukup byk. Alhamdulillah berangsur2 benjolan tsb kempes dgn keluarnya gajih tsb bbrp kali. Perawatan luka benjolan tsb saya perban dgn rivanol.

    • ahmad

      nama merk obatnya apa yah

    • Dea

      Pak Ari perkenalkan saya dea, saya baca posting bapak mengenai pengobatan lipoma dengan kapsul ekstrak minyak daun sirsak, yang ingin saya tanyakan merek kapsul ekstrak minyak daun sirsak tersebut??? kebetulan ayah saya mengidap penyakit lipoma dan sampai sekarang benjolan dipunggung ayah saya semakin membesar. saya mohon bantuan info dari bapak..
      Tolong email kesaya rzqaelmaya21@gmail.com
      Terimakasih

    • nanik

      Ksh tau merek obat ektra minyak daun sirsakx ap ya?tolg bls

  • Maria

    Met siang penyakit yang ∂ků°˚ rasakan
    Hampir sαмα benjolan dibagian punggung bawah sebelah kiri rasa nyeri sllu aku rasa tiap hari dan kadang”badan ini terasa lemas baget
    Gimana cara mengatasinya apa harus sαмα di operasi juga ya…???

    Mohon sarannya all mksh…!!!

  • indra

    saya pernah dioprasi kecil, mengangkat lipoma di kaki. oprasi lancar,rasa nyeri hilang.
    tapi,kurang lebih 3thn berikutnya lipoma itu tumbuh lg dtmpt yg sama

  • alhamdulillah, terimakasih atas tulisannya setidaknya sedikit banyak membantu saya dalam mengambil keputusan. Anak lelaki saya (5tahun) sejak lahir memiliki benjolan di lengan kiri, belom lama mengeluh sakit karena ternyata benjolannya jadi kaku. Insyaallah akan saya konsultasikan ke dokter bedah

  • Sy operasi lipoma sebesar b
    Kacang tanah di klinik tangsel th 2013 kena biaya cm 300 ribu + obat 3-7 hari sembuh kering..alhamdulillah smp skrg gak kambuh lg,cm bekas operasi aja yg membekas..

  • yanti

    Sy pernah operasi minor lipoma sebesar kacang tanah di daerah bokong th 2013 di klinik di tangsel kena biaya cm 300rb dpt obat jg 3-7hari kering sembuh deh..ternyata cm lemak berwarna putih ky tetelan,alhamdulillah gak kambuh lg..

  • yuyun

    Anak sy 4 th juga ada benjilan d lengan kiri,haruskan dioperasi?klo tidak berbahayakah?minta suggestnya ya..thks

    • selama tidak mengganggu aktivitas, saya rasa tidak perlu dioperasi dulu. tetapi alangkah baiknya ibu berkonsultasi dengan dokter terdekat.

  • Alvin Malana

    Mas, maaf sebelumnya mengganggu. Perkenalkan saya Alvin, saya mau tanya kalau bekas operasinya mas gmn? Apa tumbuh lagi? Dan bekasnya tdk teratur?

    • bekas operasi saya tidak terlalu mengkhawatirkan karena letaknya di punggung, dan alhamdulillah sampai sekarang tidak tumbuh lagi.

  • rizky

    kalau sdh di angkat apa masih nyeri,sakit,pegal seperti sebelum diangkat?

  • adinda

    saya adA benjolan tepat di tengah2 tulang belakang.th 2008 saya mnanyakan pada saudara yg kebetulan seorang dokter.waktu itu masih seukuran bola pingpong.beliau menjawab itu tidak berbahaya krna hanya tumpukan lemak.
    sewaktu Pijat trDisional si mbah bilang klo itu karna benturan akibat kecilnya pernah jatuh.pikir saya aman2 saja dan bukan hal yang perlu di khawatirkan.
    Namun di tahun 2010 ukuran benjolan saya satu bola kasti( klo dikediri:bola yg warnanya hijau) orang tua saya kaget mngetahui benjolan tersebut dan mnyuruh saya tuk segera operasi.
    Karna saya takut akan resiko dan biayanya,saya Biarkan hingga kini sudah sebesar mangkok.dan saya sering. merasakan nyeri dibagian pinggang n dada.apa mungkin itu akibat benjolan tersebut.
    Bagi penderita lipoma seperti saya,mohan informasi kalau di surabaya sekarang berapa ya untuk biayanya.dan berapa lama untuk penyembuhannya.terimakasih

    • untuk biaya di daerah surabaya, saya kurang tahu. saran saya ada baiknya segera di operasi kalo sudah mengganggu. sekalian cari informasi apakah bisa ditanggung bpjs ato tidak.

  • DN

    operasinya sakit ga toh? aku mslhnya juga ditangan ada neh…tks

    • seingat saya operasinya gak sakit sama sekali, kan tetap dibius.

  • nugroho a

    Saya baru selesai operasi pengangkatan lipoma di bagian paha atas belakang, diagnosis ukuran 3×5 cm, setelah diangkat belum lihat hasil krna bius total.
    Sebelumnya ukuran kecil dan tidak mengganggu namun semakin lama membesar dan terasa nyeri akibat tertekan krna perjalanan naik motor offroad.
    Setelah operasi sekitar 1 jam, siuman 1,5 jam kemudian. Bekas operasi tidak terasa sakit.
    Untuk biaya ditanggung BPJS.

  • yenni suryani

    malam pak Rifin, saya memiliki keluhan yang sama, ada LIPOMA dipunggung saya. ingin diangkat pak. yang saya ingin tanya, itu pak rifin, operasi kecil dengan biaya segitu kapan ya pak, tahun berapa. saya berminat juga ke jogya kalo biayanya segitu pak. terima kasih.

  • andi

    saya juga sama,di punggung saya ada benjolan ga sakit,,

  • novina

    saya mengalami hal yg sama dan baru yd dr rumah sakit untuk menanyakan perincian harga. saya terkejut dgn harga operasi anda yg sangat murah dibandingkan disini bersekitar 4 – 5juta.

    • coba cari perbandingan di tempat yang lain, siapa tahu bisa lebih murah

  • Dear,
    trima kasih sudah berbagi pengalaman tentang lipoma, saya baru aja di diagnosa terdapat lipoma sebesar bola tenis di punggung, dan harus dioperasi, tapi harus bius total karna sudah cukup besar, jujur saja, saya grogi untuk dioperasi, adakah pengobatan alternatif?
    Tks

  • David

    Alhamdulillah terima kasih atas tulisan tentang LIPOMA, saya banyak mendapat pencerahan dari tulisan ini, saat ini saya sedang bersedih karena anak bungsu saya , putri saya satu2nya ternyata di vonis LIPOMA oleh dokter. dan di sarankan untuk di bedah untuk mengangkatnya. lipoma tersebut tumbuh di lengan kirinya, putri saya saat ini berumur 6,5 th

  • wah mas, koq mirip ya, ada benjolan, cm nda pegel, dipegang bisa geser2 gitu mirip kumpulan lemak, belum cek dokter sih, semoga bukan apa – apa 🙁

    salam kenal, njenengan mirip banget ma teman saya RF engineer 🙂
    hilmi juga namanya cuma belakangnya beda, jangan2 saudara ya 🙂

  • rhum vulturish

    aduh ni yang namanya lipoma emang ngeganggu banget ma karir ku,, aku kerja di kapal pesiar, and klo kerja aku pake baju pendek,,so that mereka bisa liat lipoma aku yangt banyak banget in both my hand,,

  • Mas..mau tanya nich…1 thn lalu saya jg pnh di operasi pengangkatan lipoma,tp skarang kyaknya timbul benjolan lg,pd saat operasi sy dibius total krn lokasi lipomanya di dada,apakah prlu dioperasi lg?apa tdk ada efek klo dibius total lg?kr2 cara yg efektif utk mencegah kekambuhan apa ya???

    • kata dokter memang lipoma setelah dioperasi bisa muncul lagi…untuk lebih jelasnya silakan berkonsultasi dengan dokter langsung

  • Uphiek

    omm, sy pengen oprasi lipoma jg… kebetulan saya mendaftar masuk tentara, kira2 waktu penyembuhan 2 minggu bisa nda omm?? klo emank ga bisa 2 minggu, brp lama baru bisa sembuh total?? klo udah sembuh, ada pengaruhnya nda bekas oprasi sama latihan keras?? tolong di jawab di email atau di forum ini aja…

    • pengalaman saya waktu 2 minggu lebih dari cukup untuk penyembuhan. luka habis operasi cuma 1 minggu sudah kering dan perban bisa dilepas. selama ini bekas operasi tidak berpengaruh terhadap aktivitas saya, bahkan ketika saya nge-gym.

  • manumpak siahaan

    saya juga penderita lipoma, dan sdh agak banyak jumlah benjolannya, ada di tangan, punggung, paha dan perut. dan yg paling besar di tangan 2 benjolan. apakah dokternya masih ada pak?

    • kalo memang mengganggu sebaiknya segera diangkat aja, toh cuma operasi minor. pengalaman saya cuma 15 menit operasi dah selesai dan biayanya sangat terjangkau. kalo di jogja dokter yang menangani saya praktek di rsup sardjito dan rs pku muhammadiyah jogja.

      • tks mas atas share inf mengenai lipoma
        adakah mas cp dr yg bisa konsul dulu
        sebelum tindakan medis. tks yah

  • achmad farihin

    apa yang mas pernah oprasi juga ada pada saya, kira-kira itu di sebabkan karna apa ya? apa pola makan yang tidak sehat atau ada faktor lain. seandainya tidak di oprasi tapi mampu di hilangkan kira-kira apalah solusinya?

  • Ali

    sy kemaren br ke poli bedah, di rumah sakit sanglah….
    ada benjolan 2×2 cm di punggung bawah…..
    kata dokternya atheroma, sodaranya lipoma juga….
    pas sy mau bilang pengen di angkat….
    and tanya biayanya…

    kata dokternya 3-4 juta…..
    pdhal rumah sakit pemerintah….
    kyknya mahal bgt yach…..

  • sasa

    salam kenal…
    mas mau tanya,saya pake prudential jg (ga apal sih isi polis nya heheh)..dan saya juga ada lipoma di paha kanan kiri dan disarankan untuk dibedah juga.sy ga gitu gmana,karena tidak mengganggu kecuali estetis.lagian kan operasi mahal heheh… emang tumor dijamin ama pruden mas?

    terima kasih yah

    • irma

      Kebetulan suami saya agen di prudential. Mungkin saya bisa bantu menjawab pertanyaan mas/mba.
      Selama dalam polis anda mendapatkan fasilitas proteksi yang namanya Prumedical dan tidak ada pengecualian saat polis anda disetujui, mba/mas bisa claim atas operasi tumor tersebut dengan nilai sesuai dengan yang tertera dalam polis. Biasanya kalo mba/mas dapet fasilitas Prumed tersebut selain diganti biaya operasi juga biaya rawat inap/ICU (kalo ada) dengan sistem lumpsum dan reimbursment. Maksudnya nilai perhari untuk rawat inap/ICU dan tindakan operasi sdh tetap tergantung yang tertera di polis. Walaupun biaya yang dikeluarkan ternyata lebih kecil tetap yang dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang ada di polis mba/mas.
      Semoga informasi ini bermanfaat

    • Di Jamin ! sepanjang pada awal masuk belum ditemukan adanya tumor atau riwayat yang disembunyikan pada saat SPAJ. besarnya penggantian tergantung dari besarnya polis…lihat polisnya lagi.

      salam

    • mIcka

      …SAlam.
      saya jUGa meNGAlaMI LIpoMA Di baGIAn peRGElanGAN TanGAn ……..

      sUDAh dI OpraSi tETApi tETAp maSIH ADA jUGA ,,,
      SoluSinYA?????????
      BEsaRNYA sePERtiu guLI

      • Yeyen Cancer

        Aq juga ada lipoma di pergelangan tangan sebelah kanan..awalx kecil cuma lama2 membesar sprt kelereng

  • cepet sembuh om…..

    _________
    http://phreakaholic.wordpress.com

    • Acenk

      Saya juga mengalami hal yang sama, penegn dioperasi tapi takut belum lagi mikirin efek samping setelah dioperasi dan juga biayanya, kok murah yah?

Leave a Comment