≡ Menu
hilmiaRIFIN

Belajar Murottal

in Personal

Setiap kali pulang ke Jogja, ada kegiatan baru yang saya lakoni, yaitu belajar murottal. Murottal merupakan cara membaca Al-Quran dengan irama tertentu. Ada banyak nada yang bisa dijadikan dasar dalam murottal. Namun irama yang paling populer adalah irama rost dan nahawand. Selain populer kedua irama tersebut relatif lebih mudah dipelajari bagi mereka yang masih pemula seperti saya. Belajar murottal saya jalani secara privat di Lembaga Pendidikan Al-Quran Masjid Syuhada (LPQMS).

Selain di LPMQS saya juga membeli VCD panduan murottal agar bisa belajar sendiri. Panduan murottal ini saya dapatkan melalui penelusuran di mesin pencari google. Saya mencoba mencarinya di toko-toko muslim di Jogja ternyata tidak tersedia. Dan, alhamdulillah setelah berkali-kali googling saya menemukan penjualnya. Saya membeli VCD panduan murottal irama rost dan nahawand di sini secara online.

Meskipun sangat sedikit waktu yang saya miliki pas pulang ke Jogja, saya tetap menyempatkan untuk belajar murottal. Kesadaran untuk membaca Al-Quran dengan lebih baik memicu semangat saya untuk belajar, karena saya merasa sangat kurang dalam belajar ilmu agama. Selama ini saya telah banyak menghabiskan waktu untuk belajar ilmu duniawi sampai pontang-panting pulang-pergi Jakarta-Jogja, sedangkan ilmu agama masih sangat sedikit. Saya merasakan ketidakseimbangan antara ilmu dunia dan akherat yang saya miliki. Padahal justru ilmu akherat inilah yang akan membawa kebahagiaan dan keselamatan bagi kehidupan kita di dunia dan akherat.

3 comments… add one
  • Dengan irama murottal, bacaan al-Qur’an makin nikmat di Qalbu

  • nadhifa

    Assalamu’alaikum ya akhi …sya mau tanya apakah anda sudh menemukan buku2 tentang panduan murottal nahawand???soalnya saya cari di toko2 susah sekali . terimksih

    • kalo buku saya tidak menemukannya, tetapi saya beli VCD nya. sekarang tidak tahu apakah masih ada atau tidak, karena dulu saya beli secara online dan saya lupa linknya.

Leave a Comment

Next post:

Previous post: