≡ Menu
hilmiaRIFIN

Belajar Fokus, Fokus Belajar

in Learning

Belajar Bisnis OnlineBisnis online tidak berbeda dengan bisnis di dunia nyata. Pelaku bisnis online harus mau bekerja keras, tidak ada rumus dapat uang banyak tanpa bekerja atau mejadi kaya dalam waktu singkat. Dua modal dasar yang wajib dimiliki para pebisnis online adalah belajar dan fokus.

Belajar merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis online. Pebisnis internet harus terus-menerus berusaha meningkatkan kemampuannya dalam berbisnis. Dan satu-satunya cara adalah belajar. Sebagaimana saya sampaikan di depan, perkembangan bisnis internet sangat cepat. Model bisnis online yang sedang trend saat ini, tahun depan kemungkinan akan sudah tidak lagi digandrungi karena muncul bisnis model lain yang lebih menguntungkan. Atau, teknik bisnisnya yang berkembang. Teknik atau strategi untuk suatu model bisnis akan sangat mudah kadaluwarsa mengikuti perkembangan dunia maya yang begitu cepat.

Fokus adalah modal lain yang harus dimiliki pebisnis online. Ketika kita memutuskan untuk terjun di suatu bisnis online, kita harus fokus terhadap bisnis yang telah kita pilih tersebut. Fokus disini berarti kita harus benar-benar mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki agar bisnis online tersebut bisa sukses. Memang butuh pengorbanan waktu, tenaga, dan uang. Lebih baik fokus ke satu jenis bisnis online hingga sukses, daripada mengikuti banyak bisnis online tapi hanya setengah-setengah dan pasti hasilnya juga tidak akan maksimal. Jangan pernah tergiur untuk mencoba suatu bisnis baru sebelum bisnis yang telah kita pilih sebelumnya sudah dalam tahap siap untuk dikurangi fokusnya. Meski dikurangi fokusnya, bisnis lama harus masih tetap menguntungkan bagi kita, tidak justru malah hancur.

Belajar fokus itulah yang sedang saya lakukan. Fokus menjadi kelemahan saya sebagai pemula. Saat mulai mengenal bisnis online, semua model bisnis online yang ada saya ikuti. Beli produk yang menunjang bisnis online tidak jarang saya lakukan. Namun, karena saya tidak pernah fokus, hasil yang saya peroleh pun tidak pernah maksimal dan memuaskan. Sejak triwulan terakhir tahun 2010, saya belajar untuk fokus menekuni bisnis online. Beberapa domain yang sudah lama saya abaikan, saya aktifkan kembali menjadi blog dengan platform wordpress. Bermodalkan blog-blog tersebut, saya mulai bisnis afiliasi amazon. Pilihan jatuh kepada bisnis afiliasi amazon, karena menjelang akhir tahun biasanya terjadi peningkatan penjualan di amazon. Alhamdulillah, bisnis yang saya lakukan mulai menunjukkan hasilnya dan berlanjut hingga sekarang. Saya mulai memetik hasil dari apa yang saya lakukan di bisnis online. Ini hanyalah salah satu buah dari belajar fokus yang saya terapkan.

Sekarang saya mulai menikmati aktivitas bisnis online. Saya pun masih tetap terus belajar. Secara tidak langsung, belajar fokus akan membimbing kita untuk fokus belajar. Kalau kita sudah mulai bisa fokus menekuni satu bisnis online, maka secara otomatis kita akan fokus belajar untuk kesuksesan bisnis online yang kita ditekuni tersebut. Dan akhirnya, kita akan memetik hasilnya dengan hasil yang sangat memuaskan.

Kalau saya bisa, Anda pun pasti juga bisa. Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar dan berubah.

5 comments… add one
  • Sebenarnya dengan fokus itu membuat kita menjadi telaten/ sabar dan teliti dalam mengerjakan sesuatu, uletlah istilahnya. Itu akan membawa hasil yang baik pula.

  • setuju mas…dengan fokus, hasil yang akan kita dapatkan lebih memuaskan…
    seperti saya saat ini, saya sekarang fokus pada salah satu program affiliate lokal, alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan…

    • fokus memang salah satu kunci sukses bisnis, tapi saya sendiri masih susah banget untuk bisa benar-benar fokus

      • heri hermawan

        mas,apakah saya bisa belajar kursus tuk bisnis online kpd mas….???
        gmn caranya mas….???
        kpn saya bisa memulainya, mas….???
        terima kasih.

        • maaf mas, saya belum pantas menjadi mentor. silakan bergabung di forum ads-id.com untuk belajar bisnis online secara gratis.

Leave a Comment