≡ Menu
hilmiaRIFIN

Beasiswa S2/S3 Luar Negeri dari DIKTI dengan APBN

in Scholarship

LATAR BELAKANG

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Permen Nomor 42 Tahun 2007 tentang Sertifikasi Dosen, mewajibkan dosen harus memiliki strata pendidikan minimal satu tingkat lebih tinggi dari para mahasiswa yang diajarnya. Hal ini disebabkan karena Dosen merupakan SDM perguruan tinggi yang memiliki peran yang sangat sentral dan strategis dalam seluruh aktivitas di perguruan tinggi. Tinggi-rendahnya kualitas dosen akan sangat menentukan tinggi-rendahnya kualitas suatu perguruan tinggi.

Untuk memberikan kesempatan studi lanjut, Pemerintah menyediakan dana BPPS bagi dosen untuk melanjutkan studinya di program Pascasarjana Dalam Negeri. Namun, untuk lebih meningkatkan kualitas dosen berskala internasional, mulai tahun 2008, Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti sebagai unit yang mempunyai tugas dalam pembinaan, pelatihan dan pengembangan tenaga akademik, menyediakan beasiswa untuk studi lanjut S-2 dan S-3 di luar negeri.

DESKRIPSI

Program beasiswa S2/S3 Luar Negeri yang disediakan oleh Ditjen Dikti ini :

  1. Merupakan beasiswa yang berasal dari APBN.
  2. Bersifat terbuka untuk semua dosen tetap Perguruan Tinggi, baik PTN maupun PTS di Indonesia.
  3. Lama pemberian beasiswa adalah maksimum 3 tahun untuk program S-3 dan 2 tahun untuk program S-2.
  4. Komponen biaya yang dapat diberikan meliputi:
    • uang kuliah (tuition fee);
    • biaya hidup untuk penerima beasiswa (tidak termasuk keluarganya);
    • tiket pesawat pergi-pulang dari dan ke bandara internasional terakhir;
    • asuransi kesehatan;
    • biaya buku;
    • biaya kedatangan di negara lain (settling allowance);
    • biaya persiapan keberangkatan (visa, cek kesehatan, paspor, fiskal);
    • biaya kelebihan bagasi kepulangan;
    • biaya program khusus (seminar);
    • biaya penelitian atau penulisan tugas akhir;
    • biaya pendaftaran ke universitas.
  5. Besaran beasiswa disesuaikan dengan kondisi di negara-negara tujuan.
  6. Pengalokasian beasiswa “Program Beasiswa Pascasarjana Luar Negeri” (PBPLN) Ditjen Dikti dilakukan melalui Pimpinan Perguruan Tinggi (Rektor untuk PTN, dan Pimpinan Kopertis untuk PTS) dari masing-masing calon penerima beasiswa. Untuk itu, Pimpinan PT/Kopertis menyelenggarakan kontrak kerja dengan Dirjen Dikti.
  7. Jika sebagian program kegiatan studi penerima beasiswa dilakukan di Indonesia (misalnya dalam pelaksanaan penelitian), maka besaran biaya hidup selama di Indonesia akan dibayarkan menggunakan standard BPPS.
  8. Untuk mempermudah proses administrasi, peserta dianjurkan untuk memulai program studi pada Semester yang dimulai pada bulan September.

PERSYARATAN CALON

Syarat melamar beasiswa:

  1. Sudah memperoleh Letter of Acceptance yang masih berlaku dari Institusi dan/atau calon pembimbing dari Perguruan Tinggi luar negeri yang berkualitas (diutamakan dari Perguruan Tinggi Negara maju).
  2. Mengisi Form A
  3. Usia ketika melamar maksimum 50 tahun.
  4. Melampirkan copy ijazah dan transkrip (IPK) S1/S2 yang telah dilegalisasi.
  5. Melampirkan copy sertifikat bukti kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL institusional 500, IELTS 6,0) atau bahasa asing lainnya sesuai dengan ketentuan dari perguruan tinggi tujuan masing-masing (yang masih berlaku).
  6. Untuk pelamar beasiswa S3 melampirkan Usulan Penelitian yang telah disetujui oleh (atau paling tidak sudah dikomunikasikan dengan) calon Pembimbing di PT Luar Negeri.

Berkas dan kelengkapan, disertai surat pengantar dari Pimpinan PT, dikirim ke

Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti
Jln. Jend. Sudirman Pintu Satu Senayan
Jakarta 10002.

MEKANISME SELEKSI

Seleksi akan dimulai dari pemeriksaan kelengkapan dokumen, kemudian dilanjutkan dengan wawancara terhadap mereka yang memenuhi persyaratan administrasi. Wawancara akan dilaksanakan dalam Bahasa Inggris.

JADWAL PENDAFTARAN DAN SELEKSI

  1. Pengiriman berkas lengkap: Akhir Maret
  2. Pemeriksaan dokumen: Awal April
  3. Wawancara (dalam Bahasa Inggris): Pertengahan April
  4. Pengumuman calon yang diterima: Awal Mei
  5. Persiapan keberangkatan: Mei-Juli
  6. Keberangkatan: Agustus

Sumber : http://ditnaga-dikti.org

39 comments… add one
  • Sukamto

    ada gak ya beasiswa penuh s2 dari awal….. dan yang gak usah pakek tes toefl dan ielts

  • yolanda

    ada ga ya beasiswa s2 guru bahasa inggris ke luar negeri. ipk saya waktu lulus cm 2.63. trims

  • artathie

    apakah ada beasiswa s2 untuk guru-guru???

  • Yuri Rouzi

    saya mw tnya negara-negara mana saja alokasi beasiswa s2 nya??
    mohon informasinya.

  • yhuli

    ad ga beasiswa negeri buat guru bahasa inggris sma…infonya ya…

  • amar

    I wanna go to abroad to take a study S2..i wish your help..

  • saya MIFTAHUL ULUM mahasiswa HOTEL ENGINEERIN D4 POLINES-BP. DIKJUR Semarang. sekarang saya semester 8 dan mudah2an lulus bulan agustus 2010. saya ingin melanjutkan studi saya yang lebih tinggi, pastinya S2. mohon informasinya..

    miftahul ulum
    081901258980

  • Denden P. Sidik

    I’m mathematics teacher at senior high school. My last education is mathematics education. I want to get master scholarship to continue my education with major mathematics education or mathematics. Thanks very much before to somebody who give me information about that.

  • Rizky Islamiawati

    Ibu saya seorang guru Bahasa Inggris di SLTPN yg cukup terpencil, tepatnya didaerah Desa Sukamandi kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Walapun dg kondisi mengajar yg seadanya, ibu saya mempunyai jiwa nasionalisme yg tinggi & rasa tulus yg tinggi terhadap pekerjaanny sebagai guru, saat ini mimpinya adalah selain naik Haji, ingin berkesempatan melanjutkan study nya ke jenjang S2 di luar negeri, semoga Bapak/Ibu yg berwenang tersentuh dan mau mengabulkan mimpi ibu saya.
    Terimakasih…

  • rektor

    saya adalah guru matematika sma. saat ini ingin melanjutkan pendidikan s2. saya mengharapkan bantuan untuk saya karena saya ingin sekali ingin melanjutkan pendidikan s2. saya berharap informasi nya lebih lanjut. makasih

  • pajrul

    Saya adalah PNS dosen B. Inggris di AKPER Pemda Aceh Selatan, saya berminat sekali untuk melanjutkan S2 Bahasa Inggris, di universitas mana saja ok, asal kualitasnya diakui. Trims. Tolong bagi info jika ada syarat yang cepat untuk mendapatkannya.

  • rika reviza

    saya mhasiswa pertanian di sebuah PTN di bandung, saya ingin mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri apakah bisa?negara mana yang paling cocok?saya butuh rekomendasi dan saran.terimakasih.

  • aly

    saat ini saya adalah mahasiswa PTN di Jawa Timur.
    kebetulan setelah lulus nanti saya ingin sekali melanjutkan k program S2, karena kebetulan saya ingin sekali menjadi dosen.
    selain dosen apakah ada info beasiswa program pascasarjana buat mahasiswa fresh graduate.
    mohon banget informasinya….
    terimakasih

  • satriana

    saya adalah seorang guru lulusan fakultas pertanian jurusan sosek.sy ingin mndptkan beasiswa k luar negeri.apakah ada beasiswa untuk guru?krn slama ini hny dosen aja.mohon bantuannya untuk mningkatkan kualitas guru.kl bisa smpai S3.thanks before.

  • saya adalah guru bahasa inggris smk, saat ini saya ingin melanjutkan studi s2.apakah ada program beasiswa dikti untuk guru? karena selama ini pemberian beasiswa hanya ditujukan untuk para dosen.

    • Cecep Kusman

      Saya adalah guru bidang studi otomotif di SNKN 1 Cilegon (PNS) lulusan FPTK IKIP Bandung tahun 1990. Mohon informasi kemungkinan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke s2 bidang studi pendidikan / teknik. Terimakasih.

  • diana nova

    gimana caranya untuk bisa dapatin form s2 UNIBRAW?

  • alvin

    Maaf saya mau tanya pada forum ini atau siapa aja yang bisa memberikan informasi tentang beasiswa S2 keluar negeri untuk dosen muda PTS yang baru mengabdi selama 1 tahun. Tolong diberikan informasinya jika ada yang mengetahui(diemail aja ke celvinjii@yahoo.co.id) atas informasinya diucapkan terimaksih.

  • saya sekarang mengajar di salah satu pts di gorontalo dengan prodi thp, bagaimana caranya untuk mdapatkan beasiswa s2, apakah ada persyaratan ipk, thanks b4

  • Diana

    bagaimana caranya seorang bidan DIV pns yang sudah bekerja selama 16 tahun ingin mendapatkan beasiswa untuk S2.terima kasih

  • nina adriani

    Assalamualaikum..
    Saya nina, sekarang ini telah diterima S2 di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada awal Juli ini. Saya ingin bertanya, bagaimana caranya untuk mengapply beasiswa dikti ini dan kapankah tanggal permohonannya dimulai? apakah ada dalam waktu dekat ini, maksudnya masih dalam tahun 2009.
    Terimakasih..

  • Nur Mayke Eka Normasari

    mohon informasi program beasiswa dikti ke luar negeri yang belum tutup.

  • Ketut

    saya sangat senang mendengar berita ini, tapi apakah ada gelombang berikutnya (III/IV/V)??????? di Bulan Juni/Juli/Agustus/september/oktober di tahun 2009 ?????. kalau ada, saya minta tolong untuk dikirimkan email atau dicantumkan di kotak Website beasiswa dikti 2009!!!!. terima kasih.

  • jeepi

    Untuk beasiswa dr Dikti ini apakah hrs menyertakan sertifikat JAFA? krn sya adalah salah seorang staff pengajar di AKBID tetapiu blm memiliki sertifikat tersebut, thanx a lot…..

  • nining haryanto

    im a graduate from midwifery major (d4)..is there possible for me to get one? could i get some scholarship here…u know that midwifery major is too expensive now..both in indonesia and abroad….
    aniway thanks so much for the attention and i hope the dream comes true…amin2

  • veni

    minta informasi ttg beasiswa s.2 utk guru thn 2009

  • firdaus hendry

    assalamualaikum..

    bagaimana dengan lecture assistant yang baru menyelesaikan S1 di PTN, dan ingin menyelesaikan S2 sebagai syarat untuk melamar menjadi dosen tetap di fakultasnya, ke luar negeri, ada yang punya solusi / info??

  • jappy

    masih dibuka gelombang ke-3 untuk 2009 ya? katanya pembukaannya Oktober tapi koq belum keliatan apa2 di websitenya Dikti?

  • tamir

    bagaiman cara mendapatkan formulir beasiswa dikti?makasih sebelumnya

  • isur

    Ass,

    Saya baru akan mulai mendaftar bulan agustus ini. Apa benar pendaftarannya tutup september 2008?

  • wahyu

    Yth Pak/ibu, saya calon penerima beasiswa dikti ke LN tahun 2008, sudah siap berangkat, surat2 sudah lengkap, tapi perlu surat penjaminan dana dari pemberi beasiswa (DIKTI), gimana caranya mendapatkan surat tsb. surat tsb akan sangat berguna ketika kami ada di sana. Pihak university dan superviser terus menanyakan hal tersebut! Terima kasih sebelumnya

  • subiyanto

    saya sudah lolos wawancara yang tahap2. sebenarnya saya harus daftar ulang desember 2007, sampai sekarang belum daftar ulang ke UKM. Uang beasiswa tersebut cair kapan biar saya dapat segera berangkat studi?

  • sondjana

    kapan dong pengumumanya,ini sudah pertengahan april,yang tidak terpilih apa ada pengumumanya? by mail atau e mail or phone? we aint got all that.pay attantion please

  • bagaimana untuk mahasiswa yang lulus S1 di Universitas negeri dengan IPK 3,66 dengan lama study 7 semester dan mendapatkan rekomendasi dari guru besar serta Rektor universitas yang bersangkutan. mohon jawabannya.

    • Biasanya beasiswa dari Dikti lebih ditujukan kepada para tenaga pengajar di perguruan tinggi. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan bertanya langsung kepada pihak yang berkompeten.

      • adlin angkasa siregar

        abang da pernah dapat beasiswa ke luar negara… bang bisa berbagi gak… gimana ya caranya mendapat persetujuan diterima sebagai mahasiswa di universitas negara tujuan

  • dessy

    Interesting!
    Boleh dong skalian info universitas, program studi dan negara tujuan yang qualified. Jadi kita nggak bingung.

  • info menarik nih…

    thanks,…

    • ernimusa

      First of all, thank you very much for this information.Am very interesting to get information about scholarship in Malaysia University.
      Therefore, am a lecturer in one private University at Makassar South Sulawesi.Just now, am teching Public Relations in The Secretary and Management of Indonesia Academy.Makassar South Sulawesi.
      Btw,would you like to sent me information scholarship about S3 degree.Am waiting your reply soon.Thank you.

Leave a Comment

Next post:

Previous post: