≡ Menu
hilmiaRIFIN

Apakah Hidup Kita Bermakna?

in Life

Arti Hidup, Sudahkah Hidup Kita Bermakna? Ini adalah sebuah pertanyaan yang cukup berat dan sulit untuk dijawab. Sebelum kita berusaha untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita menggunakan parameter impian dan tujuan kita untuk membantu menemukan jawabannya. Jangan pernah terpengaruh dengan kondisi di luar kita seperti pemikiran, penilaian, atau perasaan dari orang lain terhadap kita. kita harus bisa jujur terhadap diri kita sendiri. Pada akhirnya hanya kitalah yang akan mengetahui jawaban yang sebenarnya.

Dalam suatu kesempatan kita telah menentukan tujuan-tujuan yang ingin kita raih. Tujuan-tujuan tersebut akan memberikan alasan bagi kita untuk bangun pagi setiap harinya dan beraktifitas. Kita selalu berusaha untuk menggapai apa yang kita inginkan dan memberikan suatu hasil ke dalam hidup kita. Jika kita seorang mahasiswa, momen kelulusan bisa dijadikan sebagai tujuan hidup kita selama di kampus. Mungkin kita harus melalui empat tahun yang penuh liku-liku namun bisa dipastikan tujuan kelulusan tersebut selalu ada di sana.

Ketika kita telah bekerja, tujuan kita akan berubah menjadi untuk mendapatkan promosi. Kita selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. Kita melakukannya bukan untuk orang lain, namun untuk diri kita sendiri karena kitalah yang akan merasakan efeknya. Setiap orang pasti ingin memastikan bahwa hidup mereka di dunia ini berarti. Arti tersebut bisa jadi untuk kita pribadi atau untuk keluarga kita bahkan untuk dunia.

Apa mimpi dan tujuan kita? Jika kita belum pernah meluangkan waktu untuk menuliskan tujuan dan impian kita, belilah sebuah buku dan tulis semua impian kita di dalamnya. Kita mungkin akan menghabiskan banyak waktu dalam melakukannya, jika kita benar-benar mengorek semua impian kita dari dalam pikiran kita yang paling dalam.

Tidak usah pedulikan jika impian kita cukup konyol. Pastikan kita menuliskan semua aspirasi kita. Puncak impian kita bukan hanya melulu tentang karir. Sebagai contoh, jika kita ingin mengukur sebuah gunung, kita tidak harus menjadi seorang pendaki, bukan? Mengukur sebuah gunung merupakan sebuah pengalaman yang kita ingin miliki dan penuhi yang pastinya akan menambah makna karakter kita bagi hidup kita pribadi.

Bisa jadi kita tidak dapat mendapatkan semua keinginan kita. Impian yang tidak dapat kita raih bisa jadi membuat kita menjadi frustrasi, namun bisa juga membuat kita menjadi semakin lebih baik lagi. Yang harus kita lakukan adalah mengejar impian yang selanjutnya. Sebagian dari kita terlalu terpaku untuk mengejar impian yang itu-itu saja tanpa mengetahui efek buruk yang akan kita rasakan saat mengejar impian yang sama terus-menerus.

Lihatlah secara seksama daftar tujuan dan impian kita. Siapa tahu kita memiliki begitu banyak keinginan. Hidup tidak hanya berarti satu jalur dan harus selalu berada di jalur itu selamanya. Hidup adalah tentang mengambil beberapa jalur dan beristirahat ketika kita mengambil sebuah belokan yang akan membuat kita bisa semakin memahami orang lain.

Hanya kita sendirilah yang dapat menemukan jawaban untuk "Apakah Hidup Kita Bermakna?" Tidak ada orang lain yang mengetahui hati kita sebaik kita. Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang orang tunggu-tunggu untuk menjawabnya ketika kita menanyakan hal tersebut kepada mereka. Tapi dengan cepat kita akan menemukan bahwa jawaban mereka bisa jadi salah karena mereka bukanlah kita. kitalah yang paling tahu diri kita sendiri. Gunakan tujuan dan impian kita sebagai tuntunan untuk mendapatkan makna hidup yang kita idam-idamkan.

0 comments… add one

Leave a Comment